Apa Itu Vaksin Indovac, Simak Tingkat Efikasi dan Syarat Penerima Vaksin Buatan Indonesia Diresmikan Hari Ini

- 13 Oktober 2022, 13:05 WIB
Ilustrasi. Ketahui vaksin Covid-19 Indovac milik Indonesia tingkat efikasi dan syarat penerima dosis 1 dan 2.
Ilustrasi. Ketahui vaksin Covid-19 Indovac milik Indonesia tingkat efikasi dan syarat penerima dosis 1 dan 2. /Pixabay.com /@WiR_Pixs

BERITA DIY - Ketahui apa itu vaksin Indovac yang diklaim vaksin Covid-19 buatan dalam negeri pertama atau Indonesia yang telah diresmikan hari ini lengkap dengan tingkat efikasi dan syarat penerima.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meluncurkan penggunaan vaksin Indovac yang dilakukannya di pabrik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat pada Kamis 13 Oktober 2022 hari ini.

Tak hanya meluncurkan secara resmi, Presiden Jokowi juga melakukan penyuntikan pertama atau perdana vaksin Indovac yang merupakan vaksin buatan Indonesia pertama.

Vaksin Indovac sendiri memang diketahui sebagai vaksin pertama yang dikembangkan secara mandiri di Indonesia yang dilakukan oleh PT Bio Farma yang telah resmi diluncurkan.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster Surabaya Oktober 2022, Ada 16 Titik Vaksinasi Hari Ini

Hadirnya vaksin Indovac merupakan hasil dari kerjasama yang dilakukan oleh PT Bio Farma dengan Baylor College of Medicine, Amerika Serikat dan dikembangkan di Indonesia.

Proses produksi vaksin yang pertama kali dikembangkan di Indonesia tersebut disebutkan pertama kali akan memiliki kapasitas yaitu mencapai 20 juta dosis tahap awal.

Hingga kemudian sesuai dengan yang direncanakan nantinya bahwa kapasitas akan dilakukan penambahan pada tahap berikutnya yang rencananya akan mencapai 40 juta dosis.

Sebelum diresmikan pada hari ini, diketahui bahwa Indovac telah dilakukan uji secara klinis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau Badan POM beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Lokasi Vaksin Booster Bandung Oktober 2022 Lengkap dengan Jadwal Pelayanan dan Syarat yang Dibawa

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x