Resesi Adalah Apa dan Penyebab Resesi 2023 Global, Dampak di Ekonomi Indonesia?

- 5 Oktober 2022, 15:34 WIB
Ilustrasi. Penjelasan apa itu resesi adalah apa, penyebab resesi 2023 global dan apa dampak resesi ekonomi Indonesia tahun depan.
Ilustrasi. Penjelasan apa itu resesi adalah apa, penyebab resesi 2023 global dan apa dampak resesi ekonomi Indonesia tahun depan. /UNSPLASH/ussazama

BERITA DIY - Berikut penjelasan resesi adalah apa, penyebab resesi 2023 global dan apakah resesi ekonomi Indonesia tahun depan terjadi?

Bank Dunia memprediksi akan ada resesi 2023 global yang berdampak pada ekonomi di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, kita cari tahu dulu apa itu resesi ekonomi, definisi resesi global atau resesi dunia yang diprediksi akan bergulir pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Naik 0,75 Persen, Apa Efek Suku Bunga Acuan The Fed bagi Investasi Indonesia: Saham, Emas, Rupiah dan KPR

Apa itu resesi?

Dalam laman Otoritas Jasa Keuangan, OJK menjelaskan resesi adalah situasi kondisi di mana perekonomian suaru negara sedang memburuk.

Tanda resesi ekonomi negara terlihat dari produk domestik bruto (PDB) negatif, pengangguran meningkat, dan pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

PDB negatif dikarenakan, dalam kondisi resesi, masyarakat lebih menghemat uang dan terjadilah penurunan signifikan daalam kegiatan ekonomi yang berlangsung selama 3 hingga 12 bulan, bahkan bertahun-tahun.

Baca Juga: Resesi Adalah Apa? Penyebab Kenapa Terjadi hingga Dampak Jika Terjadi pada Ekonomi Indonesia 2023

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x