Mengenang Kembali Tragedi G30S PKI, Berikut Daftar Nama 7 Pahlawan yang Menjadi Korban Penculikan

- 28 September 2022, 14:09 WIB
Ilustrasi - Mengenang tragedi sejarah kelam G30S PKI yang pernah terjadi di Indonesia, disertai daftar nama 7 pahlawan revolusi korban penculikan PKI.
Ilustrasi - Mengenang tragedi sejarah kelam G30S PKI yang pernah terjadi di Indonesia, disertai daftar nama 7 pahlawan revolusi korban penculikan PKI. /UNSPLASH/@kmaksimi

BERITA DIY - Sebagai salah satu sejarah kelam di Indonesia, simak penjelasan mengenai tragedi G30S PKI dan daftar nama 7 Jenderal yang menjadi korban penculikan.

Tragedi Gerakan 30 September 1965 atau G30S PKI tentunya merupakan sejarah yang hingga saat ini masih sering terdengar di kalangan masyarakat.

Gerakan pemberontakan yang terjadi ketika Indonesia dalam kondisi tidak stabil tersebut, menjadi salah satu tragedi kelam yang pernah tercatat di sejarah.

Tragedi G30S merupakan tindakan pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan tujuan mengubah ideologi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Kronologi Peristiwa G30S PKI dan Sejarah Singkat Peristiwa Tewasnya 7 Pahlawan Revolusi di Lubang Buaya

Selain melakukan pemberontakan kepada pemerintah Indonesia pada tahun 1965, para pelaku pemberontak yang berasal dari PKI juga melakukan penculikan dan pembunuhan petinggi TNI angkatan darat.

Diketahui terdapat 7 korban dari tragedi G30S PKI pada tahun 1965 lalu, di mana enam orang merupakan petinggi TNI dan satu orang merupakan ajudan petinggi TNI.

Letnan Satu Pierre Andreas Tendean yang merupakan ajudan Jenderal Nasution menjadi korban, dikarenakan dirinya mengorbankan diri dengan mengaku sebagai Jenderal Nasution agar sang petinggi bisa selamat.

Untuk mengenang ketujuh pahlawan yang menjadi korban G30S PKI, simak daftar nama 7 pahlawan revolusi berikut ini:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x