Siapa Saja 10 Pahlawan Revolusi di Peristiwa G30S PKI? Ini Profil Tokoh yang Gugur di Jakarta dan Yogyakarta

- 15 September 2022, 14:31 WIB
Siapa saja 10 Pahlawan Revolusi yang gugur di peristiwa G30S PKI? Ini profil tokoh pahlawan yang menjadi korban di Jakarta dan Yogyakarta.
Siapa saja 10 Pahlawan Revolusi yang gugur di peristiwa G30S PKI? Ini profil tokoh pahlawan yang menjadi korban di Jakarta dan Yogyakarta. /Tangkap layar - cagarbudaya.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Siapa saja Pahlawan Revolusi dalam peristiwa G30S PKI? Ini daftar profil sepuluh tokoh yang gugur di Jakarta dan Yogyakarta dalam mempertahankan ideologi bangsa Indonesia.

Pahlawan Revolusi merupakan gelar pahlawan yang diberikan kepada para tokoh yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September (G30S) dari Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam mempertahankan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Tanggal 30 September 1965 menjadi peristiwa kelam bagi bangsa Indonesia, dimana situasi politik sendang tidak stabil dan PKI melakukan pemberontakan yang berusaha untuk merubah ideologi bangsa Indonesia.

Dalam peristiwa pemberontakan tersebut memakan korban para petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dan beberapa korban lainnya di wilayah Jakarta dan Yogyakata.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Tanggal Merah September 2022: Ada Hari PMI Sampai Peringatan G30S/PKI

Para korban yang tewas di Jakarta ditemukan pada sebuah sumur yang saat ini kenal sebagai Lubang Buaya terletak di Pondok Gede, Jakarta pada tanggal 3 Oktoner 1965.

Pahlawan Revolusi ditetapkan melalui beberapa Keputusan Presiden di tahun 1965 yang menjadi korban peristiwa G30S PKI, penghargaan Anumerta pun diberikan kepada Pahlawan Revolusi sebagai bentuk tanda jasa kepada negara.

Dilansir dari situs kemdikbud.go.id, berikut sepuluh Pahlawan Revolusi di Jakarta dan Yogyakarta.

1. Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub