Doa Tolak Bala Rebo Wekasan, Amalan dan Bacaan Doa Pungkasan Beserta Artinya, Kapan Waktu Terbaik untuk Baca?

- 21 September 2022, 09:33 WIB
Waktu Rebo Wekasan, doa pungkasan GNS, doa tolak bala Rebo Wekasan, Rebo Wekasan 2022 jatuh pada tanggal berapa dan Rabu Wekasan artinya.
Waktu Rebo Wekasan, doa pungkasan GNS, doa tolak bala Rebo Wekasan, Rebo Wekasan 2022 jatuh pada tanggal berapa dan Rabu Wekasan artinya. /ANTARA/Rivan Awal Lingga

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari waktu Rebo Wekasan, doa pungkasan GNS, doa tolak bala Rebo Wekasan, Rebo Wekasan 2022 jatuh pada tanggal berapa dan Rabu Wekasan artinya.

Simak doa tolak bala Rebo Wekasan beserta bacaan doa pungkasan beserta artinya, kapan waktu terbaik untuk baca dan Rebo Wekasan jatuh tanggal berapa.

Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan adalah nama hari Rabu terakhir di bulan Safar pada kalender Jawa. Tradisi ini masih dijalankan hingga kini.

Dalam Islam sendiri, Rebo Wekasan dipercayai sebagai hari pertama Nabi Muhammad SAW sakit hingga beliau meninggal dunia.

Baca Juga: Lafadz Bacaan Doa Rebo Wekasan 21 September 2022 Beserta Artinya, Amalan Tolak Bala Usai Sholat Lidaf'il Bala

Tradisi ini dijalankan sebagai suatu amalan atau usaha untuk meminta doa kepada Allah agar bisa menjauhkan dirinya dari segala penyakit dan musibah.

Bentuk ritual Rebo Wekasan di akhir bulan Safar yakni salat tolak bala atau lidaf'il balaa, berdoa dengan doa khusus, hingga selamatan.

Di beberapa kalangan NU, salat sunnah lidaf'il balaa ini mulai mengalami perubahan dengan disarankan tidak lagi diniatkan untuk memperingati Rebo wekasan, namun sebagai salat sunah sebagaimana salat lainnya saja.

Mengutip dari Risalah Tebuireng Jombang, sholat Rebo Wekasan (sebagaimana anjuran sebagian ulama), jika niatnya adalah shalat Rebo Wekasan secara khusus, maka hukumnya tidak boleh, karena Syariat Islam tidak pernah mengenal shalat bernama “Rebo Wekasan”.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x