Apa Itu Rebo Wekasan? Simak Pengertian Serta Amalan yang Bisa Dilakukan Untuk Tolak Bala dan Malapetaka

- 20 September 2022, 19:43 WIB
Ilustrasi pengertian apa itu Rebo Wekasan dan amalan yang bisa dilakukan untuk tolak malapetaka atau bencana.
Ilustrasi pengertian apa itu Rebo Wekasan dan amalan yang bisa dilakukan untuk tolak malapetaka atau bencana. /Unsplash/Utsman Media

BERITA DIY - Ketahui pengertian apa itu Rebo Wekasan dan macam-macam amalan yang bisa dilakukan untuk tolak bala, malapetaka atau bencana akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Rebo Wekasan merupakan tanggalan yang diyakini sebagai hari Rabu terakhir di bulan Safar yakni bulan kedua dalam kalender Hijriah.

Lantas Rebo Wekasan jatuh pada tanggal berapa? Pada tahun ini, Rebo Wekasan 2022 jatuh pada besok Rabu, tanggal 21 September 2022.

Banyak masyarakat yang meyakini bahwa pada hari Rebo Wekasan tersebut berhubungan dengan malapetaka dan bencana, sehingga dilakukanlah macam-macam amalan untuk memohon keselamatan dari bala bencana.

Baca Juga: Doa Niat dan Tata Cara Sholat Tolak Bala di Rebo Wekasan, Kapan Waktu Pelaksanaan Shalat Lidafil Bala?

Pada Rebo Wekasan, masyarakat banyak yang melakukan amalan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Anggapan bulan Safar bisa mendatangkan kesialan muncul pada masyarakat Arab jahiliyyah dan tradisi atau keyaknan ini masih dilanjutkan hingga kini.

Tujuan dari Rebo Wekasan adalah supaya Allah SWT menjauhkan diri dari segala penyakit dan malapetaka yang dipercaya diturunkan ketika hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Amalan yang dapat dilakukan pada Rebo Wekasan antara lain adalah:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x