Apa Itu Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan? Ini Jadwal, Doa Tolak Bala, Niat dan Tata Cara Sholat Lidaf'il Bala

- 20 September 2022, 16:09 WIB
Ketahui apa itu Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan, simak jadwal, doa tolak bala, serta niat dan tata cara sholat Lidaf'il Bala.
Ketahui apa itu Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan, simak jadwal, doa tolak bala, serta niat dan tata cara sholat Lidaf'il Bala. /PIXABAY/Konevi

BERITA DIY - Berikut penjelasan apa itu Rebo Wekasan atau Rabu Pungkasan, ini jadwal, doa tolak bala, serta niat dan tata cara sholat Lidaf'il Bala.

Banyak masyarakat yang mencari tahu apa itu Rebo Wekasan, bacaan doa talak bala, serta niat dan tata cara sholat Lidaf'il Bala.

Rebo Wekasan adalah tradisi ritual yang jatuh pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Pada tahun 2022, Rebo Wekasan bertepatan dengan tanggal 21 September 2022.

Asal-usul tradisi ini bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (w.1151 H) dalam kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid, atau biasa disebut Mujarrobat ad-Dairobi.

Baca Juga: Bacaan dan Lafadz Doa Rebo Wekasan Beserta Artinya Bahasa Indonesia dan Tulisan Latin Doa Tolak Bala

Pada kitab Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H) bahwasannya Syaikh al Kamil Fariduddin Sakarkanji berkata:

Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir dari bulan Shafar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun.

Adapun karena disebut akan ada bencana dan bala, maka pada setiap Rebo Wekasan dianjurkan untuk membaca doa tolak bala dan sholat tolak bala atau lidaf'il balaa.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x