Kapan Rebo Wekasan dan Tanggal Berapa? Ini Bacaan Niat, Tata Cara Sholat Rabu Pungkasan, dan Doa Tolak Bala

- 20 September 2022, 13:22 WIB
Ilustars Sholat Rebo Wekasan. Kapan Rebo Wekasan dan tanggal berapa? Simak bacaan niat, tata cara sholat Rabu Pungkasan, dan doa tolak bala.
Ilustars Sholat Rebo Wekasan. Kapan Rebo Wekasan dan tanggal berapa? Simak bacaan niat, tata cara sholat Rabu Pungkasan, dan doa tolak bala. /PEXELS/Alena Darmel

BERITA DIY - Berikut info kapan Rebo Wekasan dan tanggal berapa? Berikut bacaan niat, tata cara sholat Rabu Pungkasan, dan doa tolak bala.

Informasi tentang kapan dan tanggal berapa Rebo Wekasan, bacaan niat dan tata cara sholat Rabu Pungkasan, serta doa amalan bisa diketahui di artikel ini.

Seperti diketahui, Rebo Wekasan jatuh dan diperingati pada setiap hari Rabu terakhir di bulan Safar dalam kalender Hijriyah.

Setiap Rebo Wekasan, ada satu ritual atau amalan yang sering dikerjakan yakni salat tolak bala atau lidaf'il balaa.

Baca Juga: Kapan Rebo Wekasan 2022 dan Tanggal Berapa? Amalan, Doa, serta Tata cara dan Bacaan Niat Sholat Rabu Pungkasan

Selain sholat tolak bala, masyarakat juga berdoa dengan doa khusus, hingga menggelar selamatan.

Tradisi Rabu Wekasan sendiri sudah berlangsung secara turun-temurun di kalangan masyarakat Jawa, Sunda, Madura, dan lain-lain.

Pada kitab: Al-Jawahir Al-Khams karya Syeikh Muhammad bin Khathiruddin Al-‘Atthar (w. th 970 H) bahwasannya Syaikh al Kamil Fariduddin Sakarkanji berkata:

Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir dari bulan Shafar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x