Manunggaling Kawulo Gusti Artinya Adalah Apa? Simak Sejarah, Makna, dan Perkembangannya hingga Kini

- 19 September 2022, 13:00 WIB
Arti Manunggaling Kawulo Gusti adalah apa beserta sejarah, makna, dan perkembangan.
Arti Manunggaling Kawulo Gusti adalah apa beserta sejarah, makna, dan perkembangan. /Instagram.com/@puramangkunegaran

BERITA DIY - Inilah penjelasan Manunggaling Kawulo Gusti artinya adalah apa lengkap dengan sejarah, arti makna, dan juga penulisan yang dapat dilakukan dalam Aksara Jawa.

Bagi masyarakat dalam budaya Jawa, salah satu cara atau upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga budaya adalah dengan mengetahui makna arti di dalam ajaran-ajarannya.

Agar budaya khususnya Jawa dapat terus lestari, maka masyarakat dapat melakukan atau memahami dan mewariskan berbagai ajaran dalam budaya tersebut kepada generasi mendatang.

Dalam kebudayaan Jawa, diketahui memang banyak dikenal berbagai ajaran kebaikan yang termasuk dalam pengenalan berbagai konsep ajaran yang diajarkan dan dilakukan.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat Bahasa Jawa yang Membuat Jamaah Menangis Lengkap dengan Bacaan Doa

Salah satu konsep yang menjadi ajaran yang dilakukan oleh masyarakat jawa adalah dengan adanya istilah dalam kalimat yaitu 'Manunggaling Kawulo Gusti' yang dikenal hingga sampai kini.

Istilah atau konsep Manunggaling Kawulo Gusti ini memiliki sejarah panjang sebelum hadir menjadi sebuah ajaran yang dikenal dan dipraktekkan khususnya dalam masyarakat Jawa.

Dalam sejarah hadirnya konsep Manunggaling Kawulo Gusti tersebut diketahui merupakan hasil dari buah pikiran dan spiritual yang dilakukan oleh seorang ulama yaitu Syekh Siti Jenar.

Hadirnya konsep Manunggaling Kawulo Gusti ini sendiri mengandung arti atau makna yang dapat diketahui hingga dipelajari oleh masyarakat yang akan mengamalkannya.

Baca Juga: Kalender Jawa Weton, Lengkap dengan Cara Melihat Hitungan Pasaran Weton dan Neptu dari Tanggal Lahir

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x