Alasan Kecap ABC Ditarik di Singapura, Apa Itu Sulfur Dioksida dan Alergen: Apakah Berbahaya bagi Makanan?

- 8 September 2022, 12:45 WIB
Ilustrasi - Apa itu Sulfur Dioksida Alergen pada makanan jadi alasan kecap ABC ditarik di Singapura.
Ilustrasi - Apa itu Sulfur Dioksida Alergen pada makanan jadi alasan kecap ABC ditarik di Singapura. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Inilah alasan kecap ABC ditarik di Singapura lengkap dengan penjelasan apa itu Sulfur Dioksida dan Alergen yang diduga terkandung di dalamnya dan apakah berbahaya.

Produk saus dan kecap ABC resmi ditarik dari peredaran di pasar Singapura yang dilakukan secara remi mulai pada Rabu 7 September 2022 beberapa waktu yang lalu.

Keputusan bahwa kecap ABC ditarik di Singapura tersebut sebelumnya diputuskan oleh pihak badan pengawas makanan dan minuman Singapura atau yang disebut dengan Singapore Food Agency atau SFA.

Sejumlah produk kecap ABC yang ditarik di Singapura tersebut merupakan produk hasil impor yang diketahui memiliki waktu kadaluarsa atau expired pada 26 Juni 2024 yang akan datang.

Baca Juga: Ciri Kekurangan Vitamin B12 Lengkap: Penyebab, Cara Mengatasi, dan Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Penarikan sejumlah produk kecap ABC yang dilakukan oleh otoritas pangan di Singapura ini sendiri bukanlah tanpa alasan, melainkan berdasarkan pada temuan kandungan yang diduga terdapat di dalamnya.

Salah satu yang menjadi alasan dan dasar dalam penarikan berbagai produk kecap ABC dari Singapura tersebut adalah ditemukannya kandungan Sulfur Dioksida di dalamnya.

Pasalnya diketahui bahwa makanan yang mengandung Sulfur Dioksida tersebut dapat menjadi pemicu munculnya Alergen dalam kandungan yang dimiliki oleh makanan tersebut.

Lantas apa sebenarnya kandungan Sulfur Dioksida tersebut? Apa hubungannya dengan Alergen yang terkandung dalam makanan dan apakah kandungan itu berbahaya? Simak penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Basic Skincare untuk Pemula dan Kulit Berminyak: Lengkap dengan Makanan Boleh di Makan dan Harus Dihindari

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x