Sandi Uno Akan Hadir dan Sebut DCF 2022 Signature Festival, Ini Sejarah Dieng Culture Festival

- 2 September 2022, 18:17 WIB
Ilustrasi Sandi Uno hadi di acara Dieng Culture Festival, sejarah Dieng Culture Festival Cara beli dan harga tiket Dieng Culture Festival atau DCF 2022.
Ilustrasi Sandi Uno hadi di acara Dieng Culture Festival, sejarah Dieng Culture Festival Cara beli dan harga tiket Dieng Culture Festival atau DCF 2022. /Tangkap layar instagram/@sandiuno

BERITA DIY - Informasi tentang Dieng Culture festival 2022, harga tiket Dieng Culture festival 2022, dan sejarah DCF sedang banyak dicari.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandi Uno baru-baru ini mengungkapkan bahwa dirinya akan menghadiri acara Dieng Culture festival atau DCF 2022.

tak hanya itu, Sandi Uno juga menyebut bahwa DCF adalah Signature Festival yang artinya festival unggulan.

Pernyataan tersebut diucapkan Menparekraf Sandi Uno saat berdialog dengan Rano Karno pada rapat kerja bersama Komisi X DPR RI dan diunggah ulang melalui instagram resmi @sandiuno.

Baca Juga: Ini cara Beli Tiket Dieng Culture Festival DCF 2022 Lewat Website Resmi, Berapa Harganya?

"Bang Rano, Sabtu jangan sampai luput, karena bang rano akan melihat infrastruktur terbaik, karena ini merupakan signature festival," ujar Sandi Uno

Lebih lanjut, Sandi juga mengatakan bahwa dirinya mendorong kepada dinas-dinas pariwisata kota lain untuk menyelenggarakan event yang bottom up seperti Dieng Culture festival.

"Saya mendorong kepada dinas di kota lain agar bisa mencetak event sekelas Dieng Culture festival yang bottom up yang berangkat dari Pokdarwis hingga bisa jadi event internasional," ungkat Sani kembali.

Dalam postingan tersebut, Sandiuno juga menyebutkan bahwa dirinya akan menghadiri acara tersebut pada Sabtu, 3 September 2022.

Baca Juga: Seperti Inilah Proses Penyebab Munculnya Kristal Es di Dieng Jawa Tengah

Dieng Culture Festival atau DCF 2022 akan kembali diadakan tahun ini setelah sebelumnya vakum akibat pandemi Covid-19.

Pada perhelatan kali ini, DCF 2022 mengusung tema “Return of The Light” yang merupakan representasi dari semangat, harapan, dan cita-cita untuk bangkit, berdiri, dan kembali bersinar setelah Industri wisata di Kawasan Wisata Dieng sempat vakum dan surut karena pandemi.

Namun tahukah Anda bagaimana sejarah Dieng Culture Festival atau DCF?

Sejarah Dieng Culture Festival dimulai dari gagasan Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa yang berupaya menggabungkan konsep budaya dan wahana wisata alam, dengan misi pemberdayaan ekonomi masyarakat Dieng.

Baca Juga: Dieng Culture Festival 2020: Masih Digelar Namun Virtual

Acara Dieng Culture Festival pertama kali digelar pada tahun 2010 atas kerjasama dari Equator Sinergi Indonesia, Pokdarwis Dieng Pandawa dan Dieng Ecotourism.

Sebenarnya, acara serupa juga pernah digelar dengan judul acara Pekan Budaya Dieng yang diadakan oleh masyarakat dan pemuda Dieng Kulon.

Kini, Dieng Culture Festival atau DCF telah digelar kembali pada Jumat, 2 September 2022 hingga Minggu 4 September 2022 dengan berbagai acara.

Beberapa acara yang akan digelar di antaranya adalah pagelaran seni, upacara cukur gembel, festival kembang api dan lainnya.

Baca Juga: Kawah Sileri di Dieng Erupsi Freatik Akibat Kelebihan Tekanan, Warga Diminta Jauhi Kawah Radius 500 meter

Selain itu, gebyar sholawat dan kongkow budaya bersama Cak nun juga akan menyemarakkan pagelaran DCF 2022.

Bagi Anda yang berminat mengikuti acara Dieng Culture Festival atau DCF 2022, Anda bisa membeli tiket melalui website resminya di festivaldieng.id.

Demikian informasi Menparekraf Sandi Uno sebut DCF Signature Festival dan akan hadir di acara, ini sejarah Dieng Culture Festival.**

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x