Dieng Culture Festival 2020: Masih Digelar Namun Virtual

- 23 Agustus 2020, 21:12 WIB
Dieng Culture Festival 2019
Dieng Culture Festival 2019 /Traveloka.com

BERITA DIY - Animo masyarakat terhadap festival budaya tahunan di dataran tinggi Dieng, Dieng Culture Festival (DCF) selalu tinggi. Namun sudah ada catatan kalau Dieng Culture Festival 2020 akan digelar secara virtual.

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, telah memberikan pernyataan jika DCF 2020 akan diselenggarakan secara virtual. Hal ini menyikapi kondisi sekarang di era pandemi agar tidak menjadi biang penularan virus Covid-19.

“Agenda wisata tahunan Dieng Culture Festival pada tahun ini akan diselenggarakan secara virtual guna mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19,” kata Agung Yusianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara, dikutip dari Antara, Minggu, 23 Agustus 2020.

Baca Juga: Lirik Lagu Baru KOTAK Teman Palsu, Ada Chua Nge-rap!

Pemkab Banjarnegara memahami kalau agenda tahunan Dieng Culture Festival selalu mendapatkan respon positif dari wisatawan, baik lokal maupun asing, dan menjadi minat masyarakat. Untuk itu Pemkab Banjarnegara tetap menyelenggarakan DCF memenuhi permintaan dari masyarakat.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini ternyata animo masyarakat untuk menyaksikan kegiatan Dieng Culture Festival masih cukup besar sehingga Pemkab Banjarnegara memutuskan untuk memfasilitasi dengan menyelenggarakannya secara virtual,” lanjut Agung Yusianto.

Menyelenggarakan Dieng Culture Festival secara konvensional bisa menimbulkan kerumunan dalam jumlah besar. Seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yang selalu diadakan secara langsung dan bisa saling bertatap muka.

Baca Juga: Album ‘Identitas’ Rilis Nanti September, Kotak Sapa Kembali Lewat 'Teman Palsu'

Pihak Pemkab Banjarnegara merasa bisa menjadi bijaksana dengan mengambil keputusan seperti ini. Karena tetap bisa menyelenggarakan agenda pelestarian budaya namun juga tetap memperhatikan kemaslahatan masyarakat dengan cara virtual.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x