Lirik Lagu Lengkap 17 Agustus 1945 – Hari Merdeka yang Dinyanyikan saat Malam Tirakatan atau Upacara HUT RI

- 16 Agustus 2022, 19:34 WIB
Ilustrasi: Ketahui lirik lagu lengkap 17 Agustus 1945 atau yang berjudul Hari Merdeka dan dinyanyikan saat malam tirakatan atau ketika upacara HUT Kemerdekaan RI.
Ilustrasi: Ketahui lirik lagu lengkap 17 Agustus 1945 atau yang berjudul Hari Merdeka dan dinyanyikan saat malam tirakatan atau ketika upacara HUT Kemerdekaan RI. /ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko

BERITA DIY – Simak lirik lagu lengkap 17 Agustus 1945 atau yang memiliki judul Hari Merdeka yang dinyanyikaan saat malam tirakatan atau upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Ketahui bagaimana lirik lagu lengkap Hari Merdeka yang juga dikenal dengan lagu 17 Agustus 1945 oleh masyarakat.

Adapun lagu tersebut biasa dinyanyikan masyarakat saat malam tirakatan atau ketika upacara HUT Kemerdekaan RI.

Pada susunan acara malam tirakatan, biasanya lagu Hari Merdeka dinyanyikan oleh seluruh masyarakat dipandu seorang dirigen.

Baca Juga: Lirik Lagu Indonesia Raya 1 Stanza dan 3 Stanza yang Diciptakan W.R. Supratman dan Dinyanyikan Saat Upacara

Sementara pada upacara HUT RI, lagu Hari Merdeka pada umumnya dinyanyikan oleh regu kor pada saat bagian menyanyikan lagu wajib.

Lagu Hari Merdeka merupakan salah satu lagu nasional Indonesia karya Husein Mutahar pada tahun 1946.

Lirik lagu Hari Merdeka sendiri syarat dengan makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Seperti pada lirik lagu, “Merdeka sekali merdeka tetap merdeka,” bermakna penegasan bahwa Indonesia kini sudah merdeka.

Selain itu, pada lirik lagu Hari Merdeka, “Kita tetap setia tetap sedia mempertahankan Indonesia,” merupakan penegasan bahwa masyarakat Indonesia akan selalu mempertahankan kemerdekaan dan siap sedia membela Negara Indonesia.

Baca Juga: Lirik dan Chord Lagu Hari Merdeka, Tujuh Belas Agustus Tahun Empat Lima Lengkap

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x