Lirik Lagu Mengheningkan Cipta, Lengkap dengan Chord Kunci Gitar untuk Memperingati HUT RI ke 77

- 16 Agustus 2022, 13:20 WIB
Ilustrasi - Ketahui lirik lagu dan chord kunci gitar Mengheningkan Cipta pada HUT RI ke 77.
Ilustrasi - Ketahui lirik lagu dan chord kunci gitar Mengheningkan Cipta pada HUT RI ke 77. /Unsplash/Mufid Majnun

BERITA DIY - Inilah lirik lagu dan chord kunci gitar lagu Mengheningkan Cipta yang dapat digunakan dalam rangka memperingati peringatan HUT RI ke 77 pada 17 Agustus.

Dalam memperingati HUT RI ke 77 yang akan diperingati pada tanggal 17 Agustus esok hari, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyanyikan lagu-lagu nasional.

Salah satu lagu yang dapat dikumandangkan dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 tersebut ialah dengan membawakan lagu Mengheningkan Cipta yang juga telah banyak dikenal.

Lagu Mengheningkan Cipta ini sendiri dapat dibawakan secara bersama-sama dalam forum seperti malam tirakatan ataupun juga dikumandangkan pada saat melaksanakan upacara.

Baca Juga: Lirik Lagu Hari Merdeka 17 Agustus 1945 Ciptaan H Mutahar: Tujuh Belas Agustus Tahun Empat Lima

Berdasarkan pada sejarah penciptaannya, lagu Mengheningkan Cipta diketahui merupakan salah satu lagu nasional yang sebelumnya diciptakan oleh Truno Prawit yang berasal dari Solo.

Diketahui bahwa dalam sejarah penciptaan lagu Mengheningkan Cipta oleh Truno Prawit ini pertama kali dituliskan pada sekitar tahun 1915 atau sebelum kemerdekaan Indonesia.

Terkait dengan searah dikumandangkannya lagu Mengeningkan Cipta, diketahui berdasarkan pada sumber yang dihimpun menyebutkan bahwa dibawakan pada tahun 1958 yang lalu.

Lagu Mengheningkan Cipta yang dibawakan tersebut pertama kali diketahui dibawakan dalam rangka upacara yang dilakukan pada tahun 1958 dalam rangka Hari Pahlawan.

Baca Juga: Lirik Lagu Hari Merdeka untuk Memperingati Kemerdekaan RI ke-77 Ciptaan H. Mutahar: 17 Agustus Tahun 45

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x