Sejarah Peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus 2022: Lengkap Tujuan dan Alasan Kenapa Dirayakan

- 8 Agustus 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi simak uraian tentang Sejarah peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus 2022: lengkap tujuan dan alasan kenapa Hari Masyarakat Adat Sedunia dirayakan.
Ilustrasi simak uraian tentang Sejarah peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus 2022: lengkap tujuan dan alasan kenapa Hari Masyarakat Adat Sedunia dirayakan. /PIXABAY/@Alexander-strachan

BERITA DIY - Simak bagaimana sejarah peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus 2022, lengkap tujuan dan alasan kenapa Hari Masyarakat Adat Sedunia dirayakan.

Setiap tahun pada tanggal 9 Agustus diperingati sebagai Hari Masyarakat Adat Sedunia. Masyarakat adat adalah mereka yang hidup dan masih memegang keragaman budaya, tradisi, bahasa, dan sistem pengetahuan yang unik.

Dikutip dari BEM FT UI, Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia setiap tahun diperingati setiap tanggal 9 Agustus. Peringatan ini memiliki alasan dan tujuannya tersendiri.

Adapun tujuan dari diadakannya peringatan Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia 9 Agustus adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kebutuhan masyarakat adat secara global serta perlindungan hak-hak masyarakat adat.

Baca Juga: 8 Agustus Diperingati Sebagai Hari Apa? Ini Sejarah International Cat Day dan Twibbon Hari Kucing Sedunia 2022

Peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia tiap tanggal 9 Agustus diputuskan oleh Majelis Umum PBB pada 23 Desember 1994 dalam resolusi 49/214.

Hari Masyarakat Adat Sedunia perlu dirayakan setiap tahun karena memiliki alasan seperti jumlah mereka masih banyak yaitu diperkirakan ada sekitar 476 juta masyarakat adat di dunia yang tersebar di 90 negara.

Masyarakat adat membentuk sekitar 5 persen dari populasi dunia namun jumlah yang miskin sekitar 15 persen dari jumlahnya.

Hampir semuanya dari masyarakat adat yang ada di dunia memiliki permasalahan yang sama yaitu berkaitan dengan perlindungan hak-hak mereka sebagai masyarakat yang berbeda.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x