Niat Puasa Muharram Awal Tahun Baru Islam dan Jadwal Pelaksanaan Puasa Tasu'a, Asyura, dan Ayyamul Bidh

- 1 Agustus 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi puasa. Ketahui bacaan niat puasa Muharram awal tahun baru Islam dan jadwal pelaksanaan puasa Tasu'a, Asyura, dan Ayyamul Bidh.
Ilustrasi puasa. Ketahui bacaan niat puasa Muharram awal tahun baru Islam dan jadwal pelaksanaan puasa Tasu'a, Asyura, dan Ayyamul Bidh. /PIXABAY/pictavio

BERITA DIY - Salah satu amalan sunnah di bulan Muharram adalah melaksanakan puasa. 

Simak niat puasa Muharram awal tahun baru Islam dan jadwal pelaksanaan puasa Tasu'a, Asyura, dan Ayyamul Bidh selengkapnya di artikel ini.

Pada bulan Muharram, bulan pertama dalam kalender Islam, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah.

Anjuran itu bukan tanpa alasan, sebab Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam kalender Hijriyah.

Amalan yang dapat dikerjakan di bulan Muharram adalah puasa. Anjuran puasa sunnah Muharram sendiri pernah diriwayatkan Rasulullah SAW.

Baca Juga: Kapan Puasa Tasua dan Asyura? Ini Keutamaan dan Bacaan Niat Puasa Sunnah Tanggal 9-10 Muharram 1444 Hijriah

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah-Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim)

Anjuran puasa bulan Muharram juga dijelaskan dalam riwayat lain dan disebutkan bahwa orang yang berpuasa di bulan Muharram dapat diterima taubatnya oleh Allah SWT. Hadits ini dijelaskan oleh Ali bin Abi Thalib yang mengutip sabda Rasulullah SAW.

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa setelah Ramadhan, maka berpuasalah pada bulan Muharram. Sesungguhnya bulan tersebut adalah bulan Allah dan pada bulan itu terdapat satu hari di mana ketika suatu kaum bertaubat, Allah juga menerima taubat kaum yang lain." (HR Tirmidzi).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x