Ikan Arapaima Bisa Memakan Manusia? Ini Penjelasan Ikan Arapaima Predator Asal Sungai Amazon Harga dan Spesies

- 18 Juli 2022, 13:50 WIB
Ilustrasi - Penjelasan ikan Arapaima predator asal sungai amazon harga dan memiliki empat spesies hidup di iklim tropis.
Ilustrasi - Penjelasan ikan Arapaima predator asal sungai amazon harga dan memiliki empat spesies hidup di iklim tropis. /Tangkap layar YouTube.com/@Icalofish

BERITA DIY - Saat ini heboh perbincangan tentang ikan Arapaima. Ikan Arapaima tersebut terdampar di Garut usai banjir.

Banyak yang mencari tahu info tentang ikan Arapaima mulai dari asal ikan tersebut, harga, spesies sampai apakah ikan tersebut memakan manusia.

Ikan Arapaima merupakan salah satu spesies yang berada di sungai Amazon. Diketahui bahwa sungai Amazon mempunyai iklim tropis.

Tidak heran jika di Indonesia ikan Arapaima pernah ditemukan beberapa kali tidak hanya di Garut. Sebelumnya ikan Arapaima diketahui pernah ditemukan di daerah Mojokerto tepatnya di sungai Brantas.

Baca Juga: Apa itu Ikan Arapaima yang Ditemukan di Tangerang: Asal, Ukuran, Jenis, dan Alasan Dilarang Ada di Indonesia

Jika di Garut ikan Arapaima hanya ditemukan satu ekor lain halnya dengan di Mojokerto. Di daerah Mojokerto ikan Arapaima pernah ditemukan sebanyak delapan ekor pada tahun 2018.

Ikan Arapaima hidup di iklim tropis jadi tidak heran jika spesies predator asal sungai Amazon ini dapat ditemukan di perairan Indonesia, Australia bagian utara, Papua New Gini, dan Amerika Selatan.

Dikutip dari KKP, Genus Arapaima terdiri dari empat spesies, yaitu Arapaima Gigas, Arapaima Mapay, Arapaima Agassizii, dan Arapaima Arapaima. Seluruh spesies tersebut memiliki sifat invasif.

Ikan ini memiliki ciri-ciri seperti sirip pektoral yang kecil berada di dekat kepala. Warna tubuhnya abu-abu hijau dan emas dengan titik orange yang ada di sepanjang tubuhnya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x