Berikut 4 Tips Memilih Ikan Cupang Berkualitas agar Tak Menyesal Kemudian Hari

- 6 April 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi ikan cupang. Tips Memilih Ikan Cupang Berkualitas.*
Ilustrasi ikan cupang. Tips Memilih Ikan Cupang Berkualitas.* /Pixabay/Ivabalk

 

BERITA DIY – Empat tips memilih ikan cupang yang berkualitas. Ikan dengan nama latin Betta sp atau yang sering kita sebut ikan cupang adalah jenis ikan air tawar yang banyak terdapat di negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Ikan cupang tergolong ikan hias, dengan memiliki bentuk serta karakter yang unik serta agresif, membuat ikan cupang ini digemari banyak orang.

Ikan cupang memiliki beberapa jenis yaitu ikan cupang hias, ikan cupang petarung , dan ikan cupang liar. Sedangkan di Indonesia banyak ditemukan cupang liar atau Betta Channoides .

Baca Juga: Seorang Terapis Meninggal Dunia setelah Kesetrum Alat Buatannya Sendiri

Beberapa contoh jenis ikan cupang antara lain:

  1. Jenis ikan cupang hias
  • Ikan cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang yang memiliki varian warna yang beragam mulai dari warna merah menyala, kuning, dan varian warna lainnya. Ikan ini memiliki bentuk sirip setengah bulan.

  • Ikan cupang Double Tail

Jenis ikan cupang yang memiliki bentuk ekor terbelah dua. Ikan jenis ini termasuk langka, maka dari itu ikan ini termasuk ikan yang banyak peminatnya.

  • Ikan cupang Giant

Jenis ikan cupang yang memiliki ukurang yang lebih besar dari ikan cupang lainnya. Ikan jenis ini merupakan hasil dari perkawinan antara ikan cupang plakat dengan iakn cupang jenis lain.

  • Ikan cupang Fancy

Jenis ikan yang memiliki warna yang sangat ikonik dengan garis warna tunggal di tubuh bagian depan ikan tersebut. Ikan jenis ini dibandrol dari harga Rp300 ribu rupiah sampai Rp10 juta rupiah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x