Mengapa Bekas Luka Terasa Gatal? Simak Penyebab, Pencegahan, dan Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Luka

- 17 Juli 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - Berikut penjelasan mengenai rasa gatal yang kerap muncul pada luka, disertai penyebab, pencegahan, dan cara mengatasi rasa gatal tersebut.
Ilustrasi - Berikut penjelasan mengenai rasa gatal yang kerap muncul pada luka, disertai penyebab, pencegahan, dan cara mengatasi rasa gatal tersebut. /UNSPLASH/@diana_pole

BERITA DIY - Simak penjelasan mengapa ketika seseorang mengalami luka pada tubuhnya bisa terasa gatal, berikut penyebab, pencegahan, dan cara mengatasi rasa gatal tersebut.

Rasa sakit karena luka tentunya pernah dirasakan oleh setiap orang, akan tetapi terasa sakit luka yang dialami pastinya akan terasa gatal.

Rasa gatal yang muncul pada bagian kulit atau tubuh yang terluka, merupakan reaksi alami dari tubuh seiring dengan proses penyembuhan luka tersebut.

Diketahui rasa gatal yang muncul bisa terjadi pada jenis luka apapun seperti stretch mark, luka karena jerawat, luka bakar, bekas operasi, maupun luka karena tergores benda tajam.

Baca Juga: Bahaya Jajanan Ice Smoke atau Es Ciki Kebul yang Akibatkan Luka Bakar hingga 30 Persen pada Bocah di Ponorogo

Ketika seseorang merasakan gatal pada luka yang dialaminya, tentunya hal tersebut sangat mengganggu dan terasa tidak nyaman.

Apabila luka yang mengalami rasa gatal digaruk secara terus menerus, maka dapat mengakibatkan luka tersebut terbuka dan memperparah keadaan.

Dilansir dari healthline.com, untuk mengatasi rasa gatal yang muncul dari luka baru maupun bekas luka terdapat tiga cara yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Untuk lebih jelasnya simak tiga cara mengatasi rasa gatal pada luka berikut ini:

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x