Siapa Penerima Daging Kurban? Ada 4 Golongan Penerima pada Qurban Idul Adha: Berapa Jumlah Besarannya?

- 9 Juli 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi - Ketahui siapa saja golongan penerima daging hewan kurban Idul Adha 2022 dan jumlah yang diterima.
Ilustrasi - Ketahui siapa saja golongan penerima daging hewan kurban Idul Adha 2022 dan jumlah yang diterima. /Pixabay/Quangpraha

BERITA DIY - Penjelasan siapa saja penerima daging kurban, lengkap dengan golongan yang akan menerima beserta besaran sesuai dengan yang dianjurkan.

Pelaksanaan pembagian daging kurban dapat dilaksanakan setelah melaksanakan penyembelihan hewan kurban yang dapat dilakukan setelah Shalat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah.

Bagi yang melaksanakan ibadah Idul Adha pada hari ini, maka diketahui bahwa penyembelihan hewan kurban telah dapat dilakukan hingga nantinya daging dapat dibagikan kepada penerima.

Sedangkan untuk yang melaksanakan Idul Adha pada esok hari, maka nantinya proses penyembelihan dan pemberian daging kurban kepada penerima dapat dilakukan pada esok hari.

Baca Juga: 9 Lokasi Sholat Idul Adha 2022 di Yogyakarta Hari Minggu, 10 Juli dan Jam Mulai Sholat Ied

Melaksanakan ibadah kurban dalam bentuk hewan pada saat Idul Adha sendiri memiliki sejumlah tujuan atau manfaat yang dapat diberikan bagi seseorang yang berkurban maupun bagi penerima.

Manfaat atau tujuan dari ibadah kurban pada saat Idul Adha ini salah satunya yaitu sebagai ungkapan rasa syukur atas limpahan nikmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Selain itu, manfaat ibadah kurban yang lain adalah sebagai sarana untuk berbagi dan merupakan kepedulian terhadap sesama untuk dapat merasakan kebahagiaan pada saat Idul Adha.

Sehingga dengan demikian, daging hasil dari kurban pada saat Idul Adha tersebut dianjurkan untuk diberikan kepada penerima sesuai dengan tujuan yang telah disebutkan.

Baca Juga: Bacaan Niat, Tata Cara Lengkap, Doa, dan Jumlah Takbir Salat Idul Adha 2022 Berjamaah di Masjid

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x