Waktu Penyembelihan Hewan Kurban adalah Tanggal Berapa? Simak Waktu Terbaik dan Tata Cara Melakukannya

- 8 Juli 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - Info tanggal atau waktu terbaik penyembelihan hewan kurban dan tata cara pada saat Idul Adha.
Ilustrasi - Info tanggal atau waktu terbaik penyembelihan hewan kurban dan tata cara pada saat Idul Adha. /PIXABAY/Manuela_Burkhalter

BERITA DIY - Penjelasan waktu penyembelihan hewan kurban adalah tanggal berapa beserta waktu terbaik untuk melaksanakan lengkap dengan tata cara yang dapat dilakukan.

Dalam pelaksanakan penyembelihan hewan kurban pada saat Idul Adha memiliki waktu tertentu atau waktu terbaik yang dapat dilakukan guna nantinya dapat dilakukan.

Adanya waktu terbaik untuk penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha ini dianjurkan untuk dilakukan agar nantinya ibadah melaksanakan kurban dapat diterima dan menjadi amal ibadah yang baik.

Sejumlah hewan kurban yang dapat dilakukan untuk penyembeluhan pada dalam rangka Idul Adha ini sendiri juga memiliki sejumlah jenis yang nantinya dapat dilakukan yaitu seperti unta, sapi, dan kambing.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus dari Daging Kurban Ketika Dimasak Menjadi Hidangan Idul Adha

Mengenai kapan waktu terbaik dalam penyembelihan hewan kurban ini sendiri seperti yang dikutip dari muhammadiyah.or.id, dapat dilaksanakan bertepatan dengan Idul Adha atau 10 Dzulhijjah.

Selain itu waktu terbaik penyembelihan hewan kurban juga dapat dilaksanakan pada tanggal-tanggal yang memasuki atau termasuk ke dalam hari-hari tasyrik seperti yang telah ditetapkan.

Berikut merupakan anjuran tanggal atau waktu terbaik dalam melaksanakan ibadah kurban dalam rangka Idul Adha:

Al-Udhhiyyah  adalah  nama  bagi  binatang  yang  disembelih  baik  unta,  sapi  dan kambing  pada  hari  Nahar  (10  Dzulhijjah)  dan  hari-hari  Tasyriq  untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala” As-Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqh as-Sunnah, Jilid III, hal 197. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menyimpan Daging Agar Tahan Lama dan Tidak Alot? Simak Cara Mengolah Daging Kurban Berikut Ini

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x