Bacaan Doa Sebelum Menyembelih Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 2022, Simak Tata Cara Penyembelihannya

- 8 Juli 2022, 20:35 WIB
Ilustrasi hewan kurban, simak bacaan sebelum menyembelih hewan saat hari raya Idul Adha 2022 lengkap tata caranya.
Ilustrasi hewan kurban, simak bacaan sebelum menyembelih hewan saat hari raya Idul Adha 2022 lengkap tata caranya. /PIXABAY/klimkin
BERITA DIY - Sebelum menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 2022, penyembelh harus memperhatikan tata cara menyembelih hewan kurban termasuk bacaan doa sebelum memulainya.
 
Simak bacaan doa sebelum menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 2022 lengkap tata cara penyembelihan dalam artikel berikut ini.
 
Sebagaimana diketahui, kurban merupakan salah satu kegiatan tahunan di Hari Raya Idul Adha 2022 yang berisi penyembelihan hewan ternak yang telah dikurbankan oleh umat muslim atau hamba Allah.
 
Hewan ternak yang hendak dikurbankan itu diserahkan kepada pengurus kurban untuk kemudian disembelih dan dagingnya dibagikan.
 
 
Sebelum menyembelih hewan kurban, pastikan penyembelih membaca doa terlebih dahulu agar kurban yang dilakukan dapat sah.

Hari Raya Idul Adha 2022 akan jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah atau bertepatan dengan hari Minggu, 10 Juli 2022 pada tahun masehi.

Dikutip dari instagram Bimas Islam Kemenag, bacaan doa menyembelih hewan kurban di hari raya Idul Adha 2022 adalah sebagai berikut:

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ
 
Wajjahtu wajhii lilladzii fatharas samaawaatii wal ardha hanifaw wamaa ana minal musyrikiin, inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaati lillaahi rabbil ‘aalamiin, laa syariikalahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.
 

Artinya: Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukanNya, dan aku termasuk golongan orang muslimin.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Bismillaahir rahmaanir rahiim, allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.
 

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahil hamd.

Artinya: Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji.
 
اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ /مِنْ فُلاَن كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ

Allahumma haadzihii minka wa ilaika fataqabbal minnii/min fulaan (nama orang yang berkurban), kamaa taqabbalta min ibraahiim khaliilika.

Artinya: Ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dariku/dari fulan (nama orang yang berqurban), sebagaimana Engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasih-Mu.
 
Adapun, tata cara penyembelihan hewan kurban adalah sebagai berikut:

- Mengucapkan kalimat basmalah

- Membaca sholawat nabi

- Mengarahkan ke kiblat (hewan kurban dan orang yang akan melakukan penyembelihan)
 
Baca Juga: Hukum Makan Apakah Halal atau Haram? Inilah Penjelasan Singkat Ustadz Abdul Somad

- Membaringkan hewan kurban di atas lambung sebelah kiri, dan posisi lehernya yang dihadapkan ke kiblat

- Setelah itu mengucapkan takbir 3x dan tahmid 1x

- Lalu membaca doa menyembelih hewan kurban

- Sembelih atau potong hewan kurban di area tenggorokan, kerongkongan, dan dua urat nadi di bagian leher hewan.
 
Penyembelih hewan kurban juga dianjurkan untuk memakai parang yang tajam untuk menyembelih hewan kurban agar penyembelihan bisa dilakukan dengan cepat tanpa menyiksa hewan.

Itulah bacaan doa sebelum menyembelih hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 2022 lengkap tata cara penyembelihan.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x