Surat Yasin lengkap 83 Ayat Tulisan Arab dan Artinya: Fadilah Membaca di Malam Jumat Mendapat Ampunan Dosa

- 7 Juli 2022, 14:59 WIB
Surat Yasin lengkap 83 ayat dengan tulisan Arab dan artinya, serta fadilah membaca di malam Jumat akan mendapatkan ampunan dosa.
Surat Yasin lengkap 83 ayat dengan tulisan Arab dan artinya, serta fadilah membaca di malam Jumat akan mendapatkan ampunan dosa. /PEXELS/Pok Rie

BERITA DIY – Berikut surat Yasin lengkap 83 ayat dengan tulisan Arab dan artinya, serta fadilah membaca di malam Jumat untuk mendapatkan ampunan dosa.

Selain mendapatkan pahala, membaca al-Quran terutama surat Yasin lengkap 83 ayat, terutama di malam Jumat akan mendapatkan faidah yang lura bisa, bahkan akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah Swt.

Fadilah membaca surat Yasin lengkap 83 ayat di malam Jumat tercermin dalam hadis sebagai berikut ini:

 “Dari Ma’qil bin Yasar r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Surat al-Baqarah adalah puncak keutamaan al-Quran, setiap ayatnya disertai delapan puluh malaikat, dan Ayatul Kursi dikeluarkan dari bawah ‘Arasy lalu bergabung bersamanya atau bergabung dengan surat al-Baqarah, sedangkan Yasin adalah inti Al-Qur’an tidaklah seseorang membacanya semata-mata karena menginginkan ridha Allah dan akhirat melainkan ia akan diampuni, dan bacakanlah ia untuk orang-orang yang meninggal di antara kalian.” (HR. Ahmad)

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 Tulisan Arab, Latin, dan Artinya Disertai Keutamaan Membacanya di Malam Jumat

Dari hadist yang Ma’qil bin Yasar R.A., menjelaskan bahwa membaca al-Quran, terutama surat Yasin akan mendapatkan ampunan, bahkan dibacakan kepada orang-orang yang sudah meninggal.

Ahli hadits Syaikh al-Manawi, yang dikutip BERITA DIY dari laman Pondok Pesantren Tebuireng yang menjelaskan bahwa amaliah di malam atau hari Jumat tidak hanya surat al-Kahfi, tetapi ada surat lain, yakni membaca surat Yasin:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Barangsiapa membaca surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat, maka Allah memberikan kepadanya permintaannya.” (HR. Abu Dawud dari Ibnu Abbas. Abdurrauf al-Munawi)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x