Bacaan Tahlil Singkat Tulisan Arab dan Artinya Bahasa Indonesia, Khususon untuk Orang Meninggal

- 30 Juni 2022, 15:14 WIB
Foto Ilustrasi - Bacaan tahlil singkat tulisan Arab dan artinya Bahasa Indonesia, untuk tahlilan dan yasinan di malam Jumat, khususon buat orang meninggal.
Foto Ilustrasi - Bacaan tahlil singkat tulisan Arab dan artinya Bahasa Indonesia, untuk tahlilan dan yasinan di malam Jumat, khususon buat orang meninggal. /PIXABAY/hashem

BERITA DIY - Bacaan tahlil singkat tulisan Arab dan artinya Bahasa Indonesia, untuk tahlilan dan yasinan di malam Jumat, khususon buat orang meninggal.tersedia di sini.

Tahlilan merupakan acara adat yang dilakukan umat muslim di Indonesia khususnya bagi warga Nadhlatul Ulama (NU) yang dipimpin oleh Ustadz atau Kyai.

Pada umumnya acara tahlilan dilaksanakan pada hari pertama hingga ketujuh orang meninggal atau hari ke 40, 100, hingga ke 1000.

Bacaan tahlil merupakan salah satu rangkaian yang dibaca saat tahlilan yang kemudian sambung dengan bacaan Surat Yasin.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap NU: Arab, Latin, dan Terjemah Bahasa Indonesia Saat Yasinan dan Tahlilan

Tawassul atau doa pembuka biasanya dibawa diawal untuk pengantar atau khususon bacaan tahlil untuk Nabi Muhammad, para alim ulama, guru, orangtua, dan orang meninggal.

Berikut adalah bacaan tahlil tulisan Arab dan artinya Bahasa Indonesia yang dikutip BERITA DIY dari Pondok Pesantrean Quran Anamfal:

Bacaan Tawassul

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وإِخْوَانِهِ مِنَ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالعُلَمَاءِ العَامِلِيْنَ وَالمُصَنِّفِيْنَ المُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ المَلَائِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ، ثُمَّ اِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ القُبُوْرِ مِنَ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَأَسَاتِذَةِ أَسَاتِذَتِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x