Fenomena Alam Apa yang Terjadi Tanggal 29 Juni 2022? Bulan Baru Stroberi Mikro Jam Berapa dan Apa Dampaknya

- 29 Juni 2022, 10:53 WIB
Ilustrasi gerhana bulan - fenomena alam yang terjadi tanggal 29 Juni 2022 Bulan Baru Stroberi Mikro jam berapa dan apa dampaknya.
Ilustrasi gerhana bulan - fenomena alam yang terjadi tanggal 29 Juni 2022 Bulan Baru Stroberi Mikro jam berapa dan apa dampaknya. /Pixabay/TeamwerkAG

BERITA DIY - Saat ini banyak yang bertanya tanggal 29 Juni 2022 akan terjadi fenomena apa, fenomena alam 29 Juni 2022 jam berapa, dan 29 Juni 2022 gerhana bulan jam berapa.

Simak artikel ini untuk mengetahui fenomena alam apa yang terjadi tanggal 29 Juni 2022, ada Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon jam berapa dan apa dampaknya.

Dikutip dari laman resmi BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) pada tanggal 29 Juni 2022 akan terjadi fenomena alam langka bernama Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon.

Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Andi Pangerang menjelaskan bahwa Bulan Baru Stroberi Mikro atau New Strawberry Supermoon merupakan peristiwa bulan purnama yang terjadi pada bulan Juni pada tanggal 29 Juni 2022.

Baca Juga: Fenomena Hujan Meteor Bootid Hari Ini di Wilayah Mana di Indonesia & Jam Berapa? Apakah Hujan Meteor Berbahaya

“Penamaan Bulan Baru Stroberi Mikro berasal dari The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika) dimana pada bulan Juni dilakukan panen stroberi," kata Andi Pangerang.

Andi menjelaskan, penyebab terjadinya purnama menjadi istimewa karena bertepatan dengan Bulan Purnama Super (Full Supermoon) atau yang secara teknis disebut Purnama Perige (Perigeal Full Moon).

Sedangkan untuk Bulan Baru Stroberi Mikro 29 Juni 2022 bertepatan dengan Bulan Baru Mikro (New Micromoon) atau Bulan Baru Apoge (Apogeal New Moon).

“Bulan Baru Mikro kali ini diapit oleh dua Bulan Purnama Super yang terjadi pada dua bulan berturut-turut. Fenomena ini terakhir kali terjadi pada tahun 2004 dan 2013." kata Andi.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x