Apa Itu Fenomena Hujan Meteor Bootid Tanggal 27 Juni 2022, Jam Berapa di Indonesia, Apa Dampaknya Berbahaya?

- 26 Juni 2022, 17:03 WIB
Jam berapa terjadinya fenomena meteor bootid 27 Juni 2022, di wilayah mana di Indonesia, apakah berbahaya?
Jam berapa terjadinya fenomena meteor bootid 27 Juni 2022, di wilayah mana di Indonesia, apakah berbahaya? /PIXABAY/alberto68a

BERITA DIY-Peristiwa astronomi menarik akan terjadi kembali yakni hujan meteor bootid pada 27 Juni 2022. Simak ulasan mengenai apa itu fenomena hujan meteor bootid tanggal 27 Juni 2022, jam berapa di Indonesia, dan apakah dampaknya berbahaya.

Saat ini banyak yang mencari peristiwa hujan meteor bootid yang diperkirakan terjadi pada 27 Juni 2022. Pada saat fenomena tersebut, akan terlihat beberapa meteor yang akan melintas namun mengenai jumlahnya belum diketahui secara pasti.

Dilansir  dari starwalk.space, hujan meteor bootid yang akan terjadi pada  27 Juni 2022 merupakan fenomena yang sulit diprediksi. Hal tersebut dikarenakan aktivitas meteor tersebut mengalami perubahan setiap waktu.

Aktivitas hujan meteor bootid yang terjadi pada tahun 1998 di mana 50-100 meteor setiap jamnya. Sedangkan pada 2004, 20-50 setiap jamnya, dan terakhir kali terjadi yakni pada tahun 2010 namun kurang dari 10 meteor setiap jam.

Baca Juga: 27 Juni 2022 ada Apa? Fenomena Hujan Meteor Bootid Jam Berapa, Apakah Berbahaya, di Wilayah Mana di Indonesia

Fenomena hujan meteor bootid yang akan terjadi pada 27 Juni 2022 nantinya juga tidak dapat  dipastikan mengenai jumlahnya. Namun fenomena tersebut dapat disaksikan dengan jelas di sisi belahan utara bumi.

Berdasarkan peristiwa hujan meteor bootid yang pernah terjadi sebelumnya, kemungkinan adanya fenomena tersebut  tidak berdampak bagi bumi. Hal tersebut menjadikan fenomena hujan meteor bootid 27 Juni nanti tidak  berbahaya.

Hujan meteor terjadi karena sisa debu komet yang melintas hingga mendekati matahari. Debu komet tersebut nantinya akan menguap dan melepas butiran debu hingga batuan kecil dan tertinggal di jalur orbit bumi.

Fenomena hujan meteor tersebut nantinya dapat  disaksikan apabila kondisi cuaca sedang cerah. Selain itu, fenomena tersebut dapat dengan jelas tanpa alat bantu pencitraan  dengan kondisi langit yang minim cahaya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x