Cara Mengatasi Rasa Gatal karena Gigitan Nyamuk, Berikut Pencegahan dan Solusi Mengusir Nyamuk dari Rumah

- 22 Juni 2022, 20:05 WIB
Ilustrasi - Cara mudah mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk, disertai dengan langkah pencegahan sebagai solusi untuk mengusir nyamuk dari rumah.
Ilustrasi - Cara mudah mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk, disertai dengan langkah pencegahan sebagai solusi untuk mengusir nyamuk dari rumah. /UNSPLASH/@erik_karits

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang cara mudah untuk mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk, berikut disertai dengan langkah-langkah pencegahan dan solusi untuk bisa mengusir nyamuk dari rumah.

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang sering ditemui terutama di wilayah tropis seperti Indonesia.

Serangga yang mencari makan dengan menghisap darah hewan maupun manusia tersebut, akan memberikan dampak berupa rasa gatal pada bagian tubuh yang digigit.

Tentu hal tersebut menjadi gangguan baru orang-orang yang tidak terbiasa dengan rasa gatal, terutama jika gigitan yang dirasakan cukup banyak.

Rasa gatal yang terjadi ketika bagian tubuh digigit nyamuk disebabkan oleh cairan air liur yang disuntikkan ke dalam tubuh, seiring dengan penyedotan darah yang dilakukan oleh nyamuk.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Gatal yang Menghitam pada Kulit Secara Alami Tanpa Efek Samping

Dilansir healthline.com, cairan air liur nyamuk mengandung protein dan antikoagulan, di mana ketika protein yang terdapat di cairan nyamuk masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan reaksi dari sel darah putih.

Sel darah putih pada tubuh manusia akan berusaha mengatasi protein yang masuk dengan melepaskan zat histamin.

Histamin yang dilepaskan oleh sel darah putih akan menyebabkan reaksi seperti gatal-gatal, ruam dan pembengkakan.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x