Kapan Idul Adha 2022 Pemerintah, NU dan Muhammadiyah? Ini Jadwal Sidang Isbat dan Tanggal Libur Nasional Juli

- 17 Juni 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi - Penjelasan kapan Idul Adha 2022 berdasarkan hitungan pemerintah, NU dan Muhammadiyah, jadwal sidang isbat dan tanggal libur nasional Juli 2022.
Ilustrasi - Penjelasan kapan Idul Adha 2022 berdasarkan hitungan pemerintah, NU dan Muhammadiyah, jadwal sidang isbat dan tanggal libur nasional Juli 2022. /pixabay.com/@khoinguyenfoto

BERITA DIY - Kapan Idul Adha 2022 berdasarkan hitungan pemerintah, NU dan Muhammadiyah? Berikut ini jadwal sidang isbat dan tanggal libur nasional Juli 2022.

Masyarakat kini bertanya-tanya kapan Idul Adha pada 2022 atau 1443 Hijriyah kapan. Apalagi, sudah banyak jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci.

Idul Adha diketahui jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dalam kalender Hijriyah. Namun, untuk tahun Masehi tanggal Idul Adha berubah-ubah karena perbedaan cara penanggalan.

Kalender Masehi didasari atas perputaran bumi mengelilingi matahari. Sedangkan kalender Hijriyah didasari siklus bulan mengelilingi bumi.

Baca Juga: Resep Pindang Buntut Sapi Kuah Segar Spesial yang Gurih dan Lezat Cocok untuk Ide Menu Idul Adha

Di Hari Raya Idul Adha nanti umat Islam akan menyembelih hewan kurban. Ini merupakan peringatan kisah teladan dan ujian terberat Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail.

Lalu, kapan Idul Adha 2022 berdasar hitungan pemerintah, NU dan Muhammadiyah? 

Pemerintah belum menetapkan kapan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal berapa, begitu juga dengan NU. 

Kemenag terlebih dulu akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan tanggal 1 Zulhijah bertepatan tanggal berapa.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x