Hari Raya Idul Adha 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Simak Apakah NU dan Muhammadiyah Lebaran Bersama?

- 6 Juni 2022, 20:45 WIB
Ilustrasi - Hari raya Idul Adha 2022 jatuh tanggal berapa tahun ini menurut organisasi agama NU dan Muhammadiyah apakah sama.
Ilustrasi - Hari raya Idul Adha 2022 jatuh tanggal berapa tahun ini menurut organisasi agama NU dan Muhammadiyah apakah sama. /UNSPLASH/rumanamin

BERITA DIY - Lebaran Idul Adha 2022 akan segera tiba sebagai salah satu hari besar Umat Islam di seluruh dunia. Lantas Idul Adha 2022 jatuh tanggal berapa? Apakah NU dan Muhammadiyah akan salat ied di hari yang sama?

Sebagaimana diketahui, Muhammadiyah telah mengeluarkan edaran mengenai kapan Idul Adha 2022 dilaksanakan dengan sholat ied dilanjutkan kegiatan kurban.

Muhammadiyah mengelurkan Maklumat Nomor 01/MLM/I.O/E/2022 yang menjelaskan mengenai lebaran hari raya Idul Adha 2022 jatuh pada tanggal 9 Juli 2022 sesuai dengan penanggalan Masehi.

Baca Juga: Syarat Hewan Kurban Idul Adha adalah Musinnah, Artinya Apa? Simak Keutamaan, Dalil, dan Waktu Penyembelihan

Sementara itu, pihak Nahdlatul Ulama (NU) belum memberikan keputusannya mengenai peringatan hari Idul Adha 2022 dilaksanakan.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama atau SKB 3 Menteri, diketahui bahwa penetapan Libur Nasional dalam rangka memperingati Idul Adha 2022 dijatuhkan pada tanggal 9 Juli 2022 mendatang.

Idul Adha 2022 merupakan hari besar sebagai peringatan peristiwa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang dipercayai oleh Umat Islam hingga jatuhnya perintah untuk berkurban bagi yang mampu.

Baca Juga: Bahan Pangan yang Bisa Buat Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh Usai Makan Daging Kurban Idul Adha

Baca Juga: Resep Daging Cabe Hijau, Olahan Daging Idul Adha Dijamin Nikmat ala Chef Devina Hermawan

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x