Manfaat Membaca Tahlil Singkat Malam Jumat Lengkap dengan Doa Tahlil Teks Arab dan Artinya Indonesia

- 16 Juni 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi manfaat membaca tahlil singkat malam Jumat lengkap dengan doa tahlil teks Arab dan artinya Indonesia.
Ilustrasi manfaat membaca tahlil singkat malam Jumat lengkap dengan doa tahlil teks Arab dan artinya Indonesia. /PIXABAY/@mohdfaris9

BERITA DIY - Berikut ini itulah informasi manfaat membaca tahlil singkat malam Jumat lengkap dengan doa teks Arab dan artinya Indonesia. Tahlil berasal dari bahasa Arab hallala-yuhallilu-tahlilan yang artinya membaca La ilaha illa Allah.

Tahlil bukan merupakan amalan wajib dalam Islam, namun seiring berjalannya waktu tahlilan atau tahlil menjadi sebuah tradisi yang mengakar di masyarakat terutama Nahdlatul Ulama (NU).

Tahlil kemudian menjadi aktivitas yang rutin dilakukan setiap malam Jumat dan momen khusus seperti mengirim doa untuk keluarga yang sudah meninggal.

Kegiatan yang kemudian menjadi tradisi di masyarakat terutama NU ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat membaca tahlil pada malam Jumat dikutip dari laman UIN Malang di anataranya:

Baca Juga: Bacaan Tahlil Lengkap NU: Arab, Latin, dan Doa Arwah Dibaca Setelah Surat Yasin saat Tahlilan dan Yasinan

1. Sebagai pembiasaan diri untuk melafalkan kalimat tayyibah seperti lailaha illallah, subhanallah, dan astagfirullah.

2. Tahlilan yang dilakukan oleh masyarakat secara berjamaah bisa menjadi tempat untuk menjalin silaturahmi yang cukup baik di antara sesama manusia.

3. Sebagai sarana untuk berbakti kepada orang tua, kerabat, dan saudara karena dalam tahlil kita mendoakan mereka semua.

4. Sebagai saranah untuk bersedekah karena kita akan menjamu para jama'ah yang datang untuk melakukan tahlil dengan hidangan makanan dan minuman.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x