Surat Yasin 83 Ayat untuk Dibaca Sebagai Pelengkap Tahlil dan Doa Arwah di Malam Jumat Lengkap 3 Bahasa

- 9 Juni 2022, 15:52 WIB
Ilustrasi bacaan Surat Yasin 83 ayat sebagai pelengkap tahlil dan doa arwah di malam Jumat.
Ilustrasi bacaan Surat Yasin 83 ayat sebagai pelengkap tahlil dan doa arwah di malam Jumat. /PIXABAY/@freebiespic

BERITA DIY - Simak bacaan Surat Yasin 83 ayat untuk dibaca sebagai pelengkap tahlil dan doa arwah di malam Jumat lengkap bahasa Arab, Latin, dan terjemahan Indonesia.

Setiap malam Jumat, umat Islam memiliki beragam ibadah sunnah yang jika dilakukan mendapat pahala berlimpah, salah satunya membaca Surat Yasin 83 ayat.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga memiliki tradisi membaca Surat Yasin sebagai pelengkap rangkaian doa tahlil dan doa arwah yang dilakukan setiap malam Jumat.

Biasanya doa tahlil dan doa arwah biasanya dilakukan untuk orang yang baru saja meninggal dunia atau peringatan kematian 1-7 hari, 15 hari, 40 hari, 100 hari, dan 1.000 hari.

Baca Juga: Urutan Bacaan Doa Tahlil dan Doa Arwah di Malam Jumat untuk Orang Meninggal Dunia: Bahasa Aran dan Indonesia

Terlepas dari tradisi tersebut, sebuah hadits menyebutkan keutamaan Surat Yasin jika dibaca pada malam Jumat maka doa-doa akan lebih mudah dikabulkan.

"Rasulllah Bersabda: Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya. (HR Abu Daud dari al-Habr)."

Surat Yasin sendiri merupakan surat ke-36 dalam kitab suci Al-Quran serta termasuk dalam golongan surat Makkiyah.

Surat yang termasuk dalam juz 22 dan 23 tersebut diawali dengan dua abjad bahasa Arab Ya Sin dan dikategorikan sebagai ayat mutasyaabihat.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat Terbaru Lengkap dengan Doanya: Renungan Tentang Menata Niat Sebelum Berangkat Haji

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x