Sebab dan Solusi Sertifikat Kartu Prakerja Tak Muncul di Dashboard prakerja.go.id, Ini Cara Klaim Pelatihan

- 11 Juni 2022, 14:12 WIB
Ilustrasi penyebab dan solusi sertifikat Kartu Prakerja gelombang 32 yang tak muncul di dashboard prakerja.go.id.
Ilustrasi penyebab dan solusi sertifikat Kartu Prakerja gelombang 32 yang tak muncul di dashboard prakerja.go.id. /ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

BERITA DIY - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 32 resmi ditutup pada 10 Juni 2022 kemarin. Berikutnya, pelamar yang telah mendaftar program bisa menunggu pengumuman lolos yang akan segera diinformasikan.

Peserta yang dinyatakan lolos selanjutnya diminta untuk menentukan pilihan dan mengambil program pelatihan yang diinginkan agar bisa klaim sertifikat dan insentif yang totalnya Rp3,55 juta untuk modal usaha.

Sertifikat pelatihan dapat diklaim usai peserta menyelesaikan program pelatihan yang diambilnya hingga tuntas.

Baca Juga: Login Dashboard Kartu Prakerja Sekarang! Cek Nomor Ini, Masukkan ke Link Daftar Berikut Bisa Dapat Rp10 Juta

Sertifikat program pelatihan Kartu Prakerja yang tak muncul di dashboard laman resmi prakerja.go.id sehingga tidak dapat diunduh oleh peserta bisa terjadi dan disebabkan oleh beberapa faktor.

Tidak sedikit peserta mengeluhkan sertifikat yang belum dapat diunduh atau didownload meski telah menyelesaikan pelatihan.

Adapun tanggapan dari Manajemen Pelaksana melalui akun instagram @prakerja.go.id meminta peserta memberikan waktu untuk sinkronisasi data antara pihak pengelola Kartu Prakerja dan lembaga pelatihan karena proses sinkronisasi memerlukan waktu sekira 7 hari pada hari kerja.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 32 Masih Buka! Buat Akun, Gabung, dan Klaim Insentif Rp3,55 Juta Berikut

Meski demikian, 7 hari kerja hanyalah estimasi atau perkiraan sehingga proses penyesuaian ini dapat dilakukan lebih cepat dari 7 hari.

Akun @prakerja.go.id juga meminta peserta memastikan data pada akun Kartu Prakerja telah sesuai dengan yang terdata di akun pelatihan hingga data di ecommerce tempat membeli pelatihan.

Data yang harus sesuai tersebut meliputi nama, email, dan nomor telepon agar memudahkan pihak Kartu Prakerja dalam proses sinkronisasi data.

Oleh karena itu, sertifikat pelatihan Kartu Prakerja yang tak muncul di lamana dashboard prakerja.go.id bisa disebabkan karena sinkronisasi data antara pihak Manajemen Kartu Prakerja dan lembaga terkait belum selesai.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x