Mengenal Daun Eucalyptus Wanginya Seperti Apa, Apa Manfaatnya untuk Kesehatan, di Indonesia Tersebar di Mana?

- 10 Juni 2022, 17:55 WIB
Mengenal daun eucalyptus wanginya seperti apa, manfaat untuk kesehatan, dan tersebar di mana saja di Indonesia,
Mengenal daun eucalyptus wanginya seperti apa, manfaat untuk kesehatan, dan tersebar di mana saja di Indonesia, /PIXABAY/Coffe

BERITA DIY - Berikut merupakan ulasan singkat untuk mengenal daun eucalyptus yang tengah viral saat ini. Simak selengkapnya untuk mengetahui daun eucalyptus wanginya seperti apa dan apa manfaatnya untuk kesehatan serta di Indonesia tersebar di mana?

Daun eucalyptus kini tengah viral lantaran Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa jasad anaknya tercium wangi daun eucalyptus. Hal tersebut disampaikannya melalui akun instagram miliknya @ridwankamil.

Hal tersebut menjadikan daun eucalyptus dicari informasinya oleh netizen. Daun eucalyptus dipertanyakan dari mulai wanginya seperti apa, apa manfaatnya, dan di Indonesia tersebar di mana?

Adapun wangi dari daun eucalyptus seperti minyak kayu putih pada umumnya yakni berbau mint yang harum. Wangi dari daun eucalyptus dapat digunakan untuk relaksasi guna mengurangi risiko stress dengan cara menghirup aroma hasil olahan tanaman eucalyptus.

Baca Juga: Daun Eucalyptus Wanginya Seperti Apa yang Disebut Ridwan Kamil? Ternyata Pernah Jadi Kalung COVID Kementan

Daun eucalyptus merupakan tanaman yang berasal dari Australia. di Indonesia sendiri tersebar di berbagai daerah Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua.

Perlu diketahui bahwa tanaman eucalyptus tidak hanya terdiri dari berbagai jenis dan tersebar di berbagai daerah. Dilansir dari repository.uin-suska.ac.id, tanaman eucalyptus memiliki kurang lebih 700 spesies.

Tanaman eucalyptus bukan hanya dimanfaatkan dari daunnya saja, melainkan kayu dari tanaman tersebut. Tanaman tersebut diolah dengan cara diambil minyaknya dan dijadikan sebagai bahan dasar berbagai macam obat-obatan dalam dunia farmasi.

Dilansir dari jurnal.unpad.ac.id, eucalyptus memiliki manfaat bagi kesehatan bahkan dijadikan sebagai salah salah satu tanaman obat. Namun perlu dicatat bahwa daun eucalyptus yang dapat dijadikan tanaman obat adalah yang berjenis eucalyptus globulus labill.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x