Manfaat Daun Ciplukan Sebagai Bahan untuk Mengobati Penyakit dan Cara Membuat Ramuannya

- 9 Juni 2022, 18:40 WIB
Ilustrasi - Manfaat daun Ciplukan sebagai bahan untuk membuat obat, disertai cara membuat ramuan dari Ciplukan untuk bisa mengobati penyakit pada tubuh
Ilustrasi - Manfaat daun Ciplukan sebagai bahan untuk membuat obat, disertai cara membuat ramuan dari Ciplukan untuk bisa mengobati penyakit pada tubuh /PIXABAY/Ralphs_Fotos

BERITA DIY -  Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari daun Ciplukan sebagai bahan dasar untuk membuat obat, simak cara membuat ramuan dari Ciplukan untuk bisa mengobati penyakit pada seseorang.

Ciplukan atau Ceplukan merupakan tanaman liar yang sering dijumpai di daerah desa, di mana buah dari tanaman tersebut biasa dipetik untuk dikonsumsi anak-anak ketika bermain di dekat sawah maupun kebun.

Dikutip Berita DIY dari lipi.go.id, tanaman ciplukan banyak tersebar di tanah tegalan, sawah-sawah kering, serta bisa ditemukan di hutan-hutan jati.

Tanaman yang memiliki nama latin Physalis minina memiliki ciri-ciri seperti tanaman semak dengan tinggi bisa mencapai satu meter, serta buah berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan bila masih muda dan berwarna coklat ketika tua.

Baca Juga: 3 Manfaat Menyiram Tanaman Hias dengan Air Bekas Cucian Beras dan Cara Mengaplikasikannya

Buah dari tanaman Ciplukan memiliki rasa asam manis ketika sudah matang, dan dipercaya mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seseorang di setiap bagian tumbuhan.

Dilansir dari ccrc.farmasi.ugm.ac.id, setiap bagian dari tanaman ciplukan bisa dimanfaatkan sebagai:

1. Obat cacing

2. Penurun demam

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x