Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 dalam Arab, Latin dan Terjemahan Serta Keutamaan Membaca di Hari Jumat

- 10 Juni 2022, 10:41 WIB
Ilustrasi - Bacaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan terjemahan serta keutamaan membaca di hari Jumat.
Ilustrasi - Bacaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 dalam Arab, latin, dan terjemahan serta keutamaan membaca di hari Jumat. /PIXABAY/@Imenbonoise

BERITA DIY – Berikut merupakan bacaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 dalam Arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia, beserta keutamaan membaca di hari Jumat.

Hari Jumat merupakan adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Hari Jumat juga merupakan hari terciptanya berbagai peristiwa, baik yang sudah terjadi maupun yang akan datang.

Terdapat hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

Artinya: "Sebaik-baik hari kala matahari terbit saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, (ini juga menjadi) hari ketika ia dimasukkan ke surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR Muslim).

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Teks Arab, Artinya, Serta Alasan Kenapa Hari Jumat Menjadi Waktu yang Tepat

Pada hari Jumat umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan, karena Jumat merupakan hari yang mulia. Salah satu amalan tersebut adalah membaca Surah Al-Kahfi.

Surat Al-Kahfi terdapat pada juz 15 dalam Al-Qur'an dan merupakan surat ke-18 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari dari 110 ayat. Surat Al-Kahfi diturunkan di Kota Makkah sehingga termasuk golongan surat Makkiyah.

Simak beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di Hari Jumat berikut ini, dikuti oleh Berita DIY dari laman Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Kahfi.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x