Keutamaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Teks Arab, Artinya, Serta Alasan Kenapa Hari Jumat Menjadi Waktu yang Tepat

- 10 Juni 2022, 08:10 WIB
Ilustrasi keutamaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 ketika di baca hari Jumat lengkap teks Arab, latin dan Artinya Indonesia.
Ilustrasi keutamaan surat Al-Kahfi ayat 1-10 ketika di baca hari Jumat lengkap teks Arab, latin dan Artinya Indonesia. /PIXABAY/@mohdfaris9

BERITA DIY - Berikut ini keutamaan membaca surat Al-Kahfi ayat 1 sampai 10 ketika di baca hari Jumat lengkap dengan teks Arab, latin, dan Artinya Indonesia. Dalam artikel ini juga terdapat penjelasan kenapa hari Jumat menjadi waktu yang tepat untuk membacanya.

Al-Kahfi dalam bahasa Arab di artikan sebagai gua, ini merupakan salah satu golongan surat Makkiya yaitu surat yang turun sewaktu Rasulullah berada di kota Mekkah.

Al-Kahfi merupakan surat ke 18 dalam Al-Qur’an terdiri dari 110 ayat. Ada banyak keutamaan yang dimiliki surat Al-Kahfi ketika dibaca.

Dikutip dari Unida Gontor, Muhammad Bakar Ismail dalam Al-fiqh al Wadhin min al Kitabwa al Sunnah mengatakan bahwa di antara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jumat adalah membaca surat Al-Kahfi.

Baca Juga: Bacaan Surat Al-Kahfi Ayat 1-10 Latin, Arab dan Artinya Lengkap dengan Keutamaan di Hari Jumat

Waktu untuk membaca surat Al-Kahfi yaitu setelah terbenamnya matahari pada Kamis sore dan sampai terbenamnya matahari pada hari Jumat.

Mungkin ada beberapa yang belu mengetahui kenapa malam dan hari Jumat dipilih sebagai wkatu yang tepat untuk membaca surat Al-Kahfi. Kenapa bukan hari-hari lain seperti hari Senin, Selasa, atau Rabu?.

Dalam Islam, malam dan hari Jumat merupakan hari yang istimewa. Salah satu alasan hari Jumat menjadi istimewa yaitu pada hari itu nabi Adam diciptakan dan diwafatkan.

Salah satu hadis Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan hal tersebut:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x