Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah Beserta Bacaan Niat Arab, Latin, dan Terjemahan

- 8 Juni 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi - Tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah beserta bacaan niat dalam Arab, latin, dan terjemahan.
Ilustrasi - Tata cara mandi wajib laki-laki yang benar dan sah beserta bacaan niat dalam Arab, latin, dan terjemahan. /PIXABAY/@PublicDomainPictures

BERITA DIY – Berikut merupakan tata cara mandi wajib untuk laki-laki yang benar dan sah beserta bacaan niat dalam Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia.

Mandi wajib atau mandi junub merupakan mandi untuk menghilangkan hadas besar. Tujuannya adalah untuk membersihkan tubuh dan mensucikan diri kembali dari hadas besar agar ibadah yang dilakukan seorang muslim atau muslimah bisa dianggap sah.

Orang yang dalam keadaan junub dilarang, antara lain melaksanakan sholat, berdiam diri atau duduk di masjid, tawaf atau mengelilingi Ka'bah, melafalkan ayat Al-quran, dan menyentuh mushaf.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib untuk Menghilangkan Hadas Besar Lengkap Penyebab yang Mengharuskan Bersuci Diri

Melansir dari NU Jatim, disebut junub ketika seseorang mengalami salah satu dari beberapa hal, sebagai berikut:

1. Keluarnya mani dari alat kelamin laki-laki atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, ataupun gairah yang ditimbulkan penglihatan atau pikiran.

2. Jimak atau berhubungan seksual, meskipun tidak mengeluarkan mani. Persoalan mandi wajib penting karena ia berkaitan dengan ibadah-ibadah lain, baik yang fardhu maupun sunnah.

Lebih lanjut, dalam Islam, tata cara mandi wajib sudah ada kaidahnya sendiri, jadi harus dilakukan dengan benar. Allah SWT berfirman dalam Alquran:

Baca Juga: Hukum Mengeluarkan Air Mani di Siang Hari Apa Membatalkan Puasa Ramadhan dan Niat Mandi Wajib Usai Mimpi Basah

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah