Tata Cara Mandi Wajib untuk Menghilangkan Hadas Besar Lengkap Penyebab yang Mengharuskan Bersuci Diri

- 28 Mei 2022, 19:40 WIB
Ilustrasi tata cara mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar lengkap dengan penyebab mengharuskan bersuci diri.
Ilustrasi tata cara mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar lengkap dengan penyebab mengharuskan bersuci diri. /Pixabay/PublicDomainPicture

BERITA DIY - Tata cara dan pentingnya mandi wajib bagi perempuan dan laki-laki untuk menghilangkan hadas besar lengkap dengan penyebab yang mengharuskan bersuci diri akan tersaji dalam artikel berikut ini.

Beribadah mengharuskan setiap orang untuk berada dalam kondisi yang bersih dan suci tak terkecuali ibadah yang dilakukan oleh Umat Muslim.

Suci adalah keadaan bersih dari hadas kecil dan hadas besar. Hadas kecil dapat dibersihkan cukup dengan berwudhu atau melakukan tayamum jika memenuhi syarat untuk tayamum.

Baca Juga: Bacaan Niat Shalat Qadha, Lengkap dengan Hukum dan Tata Caranya

Sementara itu, hadas besar hanya dapat dibersihkan dengan mandi wajib baik bagi perempuan atau laki-laki disebabkan oleh penyebab yang mengharuskannya untuk bersuci diri dengan mandi wajib.

Simak tata cara dan pentingnya mandi wajib bagi perempuan dan laki-laki untuk menghilangkan hadas besar lengkap dengan penyebab mengharuskan bersuci diri dalam artikel ini.

Dilansir dalam laman Kemenag DKI, Menurut A.Rifai dalam kajian ilmu fikihnya pada 17 November 2017, ada 6 hal yang menyebabkan seseorang harus melaksanakan mandi wajib antara lain adalah sebagai berikut:

1. Masuknya alat kelamin laki-laki ke perempuan

2. Keluarnya air mani dari laki-laki karena telah melalui mimpi basah

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x