Luhut Menteri Apa? Profil, Tugas dan Fungsi, Visi dan Misi hingga Program Kerja Kemenko Marves

- 6 Juni 2022, 13:25 WIB
Sosok Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Sosok Luhut Binsar Pandjaitan yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi /[email protected]/

BERITA DIY - Simak Luhut Menteri apa beserta profil, tugas dan fungsi, visi dan misi, hingga program kerja Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Belakangan nama Luhut Binsar Pandjaitan kembali trending di Google dengan kata kunci "Luhut Menteri apa" usai beberapa hari sebelumnya ia mengumumkan kenaikan tarif tiket Candi Borobudur yang mencapai Rp750 ribu.

Sehingga masyarakat bertanya-tanya bagaimana profil dan apa sebenarnya tugas dan fungsi, visi dan misi, beserta program kerja dari Kemenko Marves.

Baca Juga: Alasan dan Kapan Harga Tiket Candi Borobudur Naik Rp750 Ribu untuk Wisatawan Lokal? Simak Penjelasan Luhut

Sebelumnya, Luhut menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dengan status pelaksana tugas dalam rentang waktu 15 Agustus 2016 - 14 Oktober 2016.

Selanjutnya, pria kelahiran 1947 ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia ke-13. Dia menduduki posisi ini sejak 12 Agustus 2015 hingga 27 Juli 2016.

Lalu pada tanggal 27 Juli 2016, Jokowi menunjuk Luhut menjadi Menko Marves sejak 27 Juli 2016 hingga 20 Oktober 2019.

Baca Juga: Luhut Pandjaitan Diminta Jokowi Urus Minyak Goreng di Jawa Bali, Ini Tugas yang Diemban Agar Harga Turun

Presiden mempertahankan Luhut pada Kabinet Indonesia Maju dengan jabatan atau posisi yang sama menjadi orang nomor satu di Kemenko Marves sejak 23 oktober 2019.

Berbicara tentang profil Kemenko Marves, ialah kementerian yang membidangi penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x