Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Bahasa Indonesia

- 3 Mei 2022, 07:20 WIB
Ilustrasi. Ketahui bacaan niat puasa qadha Ramadhan di bulan syawal lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan Bahasa Indonesia.
Ilustrasi. Ketahui bacaan niat puasa qadha Ramadhan di bulan syawal lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan Bahasa Indonesia. /FREEPIK/freepik

BERITA DIY - Berikut bacaan niat puasa qadha Ramadhan di bulan syawal lengkap bahasa Arab, latin, dan Bahasa Indonesia.

 

Bacaan nita puasa qadha Ramadhan penting untuk diketahui agar puasa qadha atau pengganti yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Puasa qadha wajib dilakukan oleh mereka yang meninggalkan puasa di bulan Ramadhan dengan berbagai alasan seperti haid bagi wanita atau sedang menderita sakit.

Baca Juga: Niat Puasa Qadha Ramadhan di Bulan Syawal Lengkap Teks Arab, Latin, dan Arti Indonesia

Batas waktu melaksanakan puasa qadha Ramadhan adalah sebelum berakhirnya bulan Sya'ban yaitu satu atau dua hari sebelumnya. Banyak juga yang melaksanakan puasa qadha Ramadhan pada bulan Syawal seperti saat ini.

Jumlah hutang puasa yang di-qadha atau akan dibayar yaitu sesuai dengan jumlah puasa yang ditinggalkan pada bulan Ramadhan.

Kewajiban mengganti puasa sesuai jumlah yang ditinggalkan dijelaskan dalam salah satu Firman Allah SWT Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 184.

َمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x