Apakah Hukum Mencium Istri Saat Puasa di Siang Hari Bisa Membatalkan Ibadah Ramadhan atau Tidak?

- 17 April 2022, 11:30 WIB
Dari NU Online, hukum bolehkah mencium istri saat puasa di siang hari pada Ramadhan dan jawaban apakah bisa membatalkan puasa atau tidak.
Dari NU Online, hukum bolehkah mencium istri saat puasa di siang hari pada Ramadhan dan jawaban apakah bisa membatalkan puasa atau tidak. /PIXABAY/muhammed_hassan

BERITA DIY - Bolehkah mencium istri saat puasa di siang hari pada Ramadhan? Apakah bisa membatalkan puasa, simak hukum Islam yang dilansir dari NU Online berikut.

Tujuan puasa adalah menahan hawa nafsu dengan salah satunya menghindari diri dari segala hal yang mengundang syahwat, lantas mencium istri membatalkan puasa?

Apa hukum Islam, jika hanya mencium pipi istri tanpa berhubungan badan saat puasa di siang hari bulan Ramadhan?

Baca Juga: Apa Hukum Membatalkan Puasa Ramadhan bagi Orang yang Terpapar COVID-19? Lengkap Syarat Wajib Berpuasa

Baca Juga: Hukum Mencium Istri atau Suami saat Berpuasa, Batal atau Tidak? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Dan, bolehkah mencium istri saat puasa?

Dari NU Online, segala hal yang membangkitkan syahwat harus dihindari saat puasa seperti berhubungan badan di siang hari, dengan atau tanpa ejakulasi.

Pada hakikatnya, mencium istri saat puasa tidak membatalkan puasa. Beda hal jika ciuman tersebut membangkitkan hawa nafsu dan membuat orang ingin melakukan aktivitas seksual.

Oleh karena itu, mayoritas ulama menggolongkan berciuman saat puasa dalam kegiatan yang makruh jika dapat membangkitkan syahwat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x