Keutamaan Sholat Tahajud, Tata Cara, Bacaan Niat, Doa, dan Waktu Pelaksanaan

- 13 April 2022, 18:30 WIB
 Ilustrasi - Penjelasan keutamaan dari ibadah sunnah Sholat Tahajud, lengkap disertai dengan tata cara, doa, dan waktu dari pelaksanaan Sholat Tahajud.
Ilustrasi - Penjelasan keutamaan dari ibadah sunnah Sholat Tahajud, lengkap disertai dengan tata cara, doa, dan waktu dari pelaksanaan Sholat Tahajud. /PIXABAY/andsproject

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai keutamaan dari ibadah sunnah Sholat Tahajud, lengkap disertai dengan tata cara, doa, dan waktu dari pelaksanaan Sholat Tahajud.

Sholat Tahajud adalah ibadah sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh para umat muslim yang mampu untuk melaksanakan, karena manfaat dan amalan dari melaksanakan ibadah tersebut sangat besar.

Dalam surah Al-Israa’ ayat 79, dijelaskan keutamaan Sholat Tahajud seperti berikut ini :

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ ۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Baca Juga: Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Tahajud dan Witir beserta Artinya Bahasa Indonesia

Artinya:

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra': 79)

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari dengan sedikitnya dua rakaat tanpa ada maksimal batas rakaat, sehingga bebas untuk melaksanakan Sholat Tahajud dengan total jumlah rakaat berapapun.

Untuk melaksanakan Sholat Tahajud, seorang muslim diharuskan untuk tidur terlebih dahulu sebagai syarat melaksanakan Sholat Tahajud.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x