Tulisan Arab 'Bismillah Hirrohman Nirrohim' Disertai Bacaan Latin dan Artinya Lengkap dengan Keutamaan

- 10 April 2022, 20:20 WIB
Ilustrasi bacaan 'Bismillah hirrohmani nirrohim' dalam bahasa Arab, Latin, dan arti bahasa Indonesia.
Ilustrasi bacaan 'Bismillah hirrohmani nirrohim' dalam bahasa Arab, Latin, dan arti bahasa Indonesia. /freepik.com/freepik

BERITA DIY - Simak tulisan Arab 'Bismillah hirrohmani nirrohim' disertai bacaan Latin beserta artinya hingga keutamaan membacanya.

Siapa yang tak pernah membaca ucapan 'Bismillah hirrohmani nirrohim'? Umat Islam seringkali mengucapkannya ketika ingin memulai sesuatu.

Ada keutamaan tersendiri dalam mengucapkan 'Bismillah hirrohmani nirrohim'. Dalam artikel ini juga akan disampaikan dalam tulisan Arab, Latin, beserta arti bahasa Indonesia.

Baca Juga: Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah Beserta Bacaan Doa Kamilin Arab, Latin, dan Terjemahnya

Meskipun singkat dan hanya terdiri dari beberapa kata, 'Bismillah hirrohmani nirrohim'  memiliki beberapa keutamaan bagi yang membacanya.

Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda, hendaknya umat Muslim menyertakan kalimat 'Bismillah hirrohmani nirrohim' ketika memulai segala sesuatu agar sempurna, sebagaimana yang ia katakan berikut ini:

«كُلُّ أَمْرٍ لَا يُبْدَأُ فِيهِ بِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فَهُوَ أَجْذَمُ »

Artinya: "Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bacaan bismillahir rahmanir rahim (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang), maka perkara itu kurang sempurna".

Baca Juga: Tata Cara, Niat dan Bacaan Sholat Dhuha untuk Memperbanyak Amal Selain Puasa di Bulan Ramadhan

Lebih lanjut, dalam sebuah hadits disunnahkan untuk membaca  'Bismillah hirrohmani nirrohim' terlebih dahulu. Berikut bunyinya:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x