5 Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Kaya akan Nutrisi hingga Dapat Meningkatkan Kesehatan Ginjal

- 9 April 2022, 16:50 WIB
Ilustrasi - Buah Pisang sangat sehat, lezat, dan merupakan salah satu buah segar paling terjangkau yang bisa Anda beli di pasar.
Ilustrasi - Buah Pisang sangat sehat, lezat, dan merupakan salah satu buah segar paling terjangkau yang bisa Anda beli di pasar. /PIXABAY/@stocksnap
BERITA DIY – Berikut merupakan 5 manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh, kaya akan nutrisi hingga dapat meningkatkan kesehatan ginjal.
 
Buah Pisang sangat sehat, lezat, dan merupakan salah satu buah segar paling terjangkau yang bisa Anda beli di pasar.
 
Meskipun tanaman pisang banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Asia Tenggara. Namun, ternyata pisang juga tumbuh di berbagai tempat beriklim hangat, sehingga membuatnya selalu tersedia sepanjang tahun untuk masyarakat dunia.
 
 
Dilansir dari Healthline, pisang kaya akan sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, berbagai antioksidan, dan fitonutrien yang sehat.
 
Pisang juga mengandung banyak nutrisi penting dan dapat bermanfaat bagi penurunan berat badan, pencernaan, dan kesehatan jantung.
 
Berikut 7 manfaat buah pisang bagi kesehatan berdasarkan ilmu pengetahuan.
 
 
1. Kaya akan nutrisi.
 
Pisang mengandung cukup banyak serat dan beberapa antioksidan. Berikut kandungan nutrisi dalam buah pisang:
 
• Kalori: 112
• Lemak: 0 gram
• Protein: 1 gram
• Karbohidrat: 29 gram
• Serat: 3 gram
• Vitamin C: 12% dari Nilai Harian (DV)
• Riboflavin: 7% dari DV
• Folat: 6% dari DV
• Niasin: 5% dari DV
• Tembaga: 11% dari DV
• Kalium: 10% dari DV
• Magnesium: 8% dari DV
 
 
2. Dapat membantu kesehatan pencernaan. 
 
Serat yang terkandung dalam makanan sangat baik dan penting bagi kesehatan tubuh, termasuk membantu proses pencernaan lebih baik. Satu buah pisang dengan ukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat.
 
Khasiat buah pisang yang memiliki kandungan pati resisten adalah prebiotik yang menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus atau saluran pencernaan.
 
 
Bahkan, pektin, yakni serat yang ditemukan pada buah pisang matang dan mentah dapat membantu mencegah sembelit dan melunakkan kotoran.
 
3. Dapat membantu menurunkan berat badan. 
 
Memang belum ada studi yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, buah yang populer ini memang memiliki beberapa kandungan yang bisa menurunkan berat badan.
 
 
Salah satunya adalah pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Pisang rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, namun bergizi dan mengenyangkan yang tentunya baik untuk dikonsumsi saat diet.
 
4. Dapat meningkatkan kesehatan ginjal. 
 
Kalium sangat penting untuk fungsi ginjal yang sehat dan dapat mengatur tekanan darah. Sebagai sumber makanan potasium yang bagus, pisang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.
 
 
5. Dapat mendukung pemulihan tenaga setelah olahraga. 
 
Buah pisang terkadang disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar ada kandungan karbohidrat yang mudah dicerna, serta mineral kalium dan magnesium, yang bertindak sebagai elektrolit.
 
Ketika berolahraga Anda akan kehilangan elektrolit melalui keringat. Untuk memasoknya kembali, maka tubuh akan membutuhkan kalium dan magnesium setelah berkeringat.
 
 
Demikianlah 5 manfaat buah pisang untuk kesehatan tubuh, kaya akan nutrisi hingga dapat meningkatkan kesehatan ginjal.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x