6 Hal yang Membatalkan Puasa Ramadhan, Simak Dalil, dan Cara Mengganti Puasa Wajib yang Batal

- 3 April 2022, 10:15 WIB
Ilustrasi hal yang membatalkan puasa. 6 hal yang membatalkan puasa Ramadhan, dalil, dan cara mengganti puasa yang batal.
Ilustrasi hal yang membatalkan puasa. 6 hal yang membatalkan puasa Ramadhan, dalil, dan cara mengganti puasa yang batal. /FREEPIK/freepik

BERITA DIY- 6 hal yang membatalkan puasa Ramadhan, dalil, dan cara mengganti puasa yang batal. Saat ini umat Islam diseluruh dunia sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Puasa secara istilah memiliki arti menahan diri dari segala hal yang akan membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

Hukum puasa Ramadhan adalah wajib bagi umat Islam. Kewajiban berpuasa ini berdasarkan dalil al-Quran surat al-Baqarah ayat 183.

Baca Juga: Jadwal Sholat Jakarta Hari Ini Minggu 3 April 2022, Subuh hingga Maghrib Waktu Buka Puasa 1 Ramadhan 1443 H

“wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Ibadah puasa yang dilakukan saat bulan Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Ketika melaksanakan puasa Ramadhan ada hal yang dianjurkan untuk dilakukan ada juga yang tidak boleh dilakukan.

Dilansir BERITA DIY dari Tarjih Muhammadiyah, berikut ini 6 hal yang membatalkan puasa, dalil, dan cara mengganti puasa yang batal:

Baca Juga: Doa Buka Puasa Dzahaba Sesuai Anjuran Sunnah Tulisan Arab, Latin, dan Arti Bacaan

  1. Makan dan minum dengan sengaja

Hal pertama yang membatalkan puasa adalah melakukan makan dan minum dengan sengaja. Jika hal ini terjadi maka Anda harus mengganti puasa tersebut di luar bulan Ramadhan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x