Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya

- 3 April 2022, 02:00 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa Ramadhan serta waktu yang tepat untuk membacanya.
Ilustrasi bacaan niat puasa Ramadhan serta waktu yang tepat untuk membacanya. /pixabay/Mohamed_Hassan

BERITA  DIY - Menjalankan puasa Ramadhan merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim di muka bumi. Berikut bacaan niat puasa Ramadhan serta waktu yang tepat untuk membacanya.

Pemerintah resmi menetapkan 1 Ramadhan 1443 H pada Ahad, 3 April 2022. Sehingga bagi sebagian umat muslim baru menjalankan puasa pada hari tersebut.

Membaca niat saat hendak menjalankan ibadah dihukumi sebagai wajib. Sehingga umat muslim yang ingin menjalankan puasa hendanya membaca niat terlebih dahulu.

Baca Juga: Ucapan 1 Ramadhan 2022 Isi Kata-kata Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1443 H untuk WA Teman dan Keluarga

Namun, tidak sedikit umat muslim yang belum hafal bacaan niat puasa dan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membacanya.

Sebelum mengerjakan puasa, perlu melafadzkan niat terlebih dahulu dengan mengucapkannya dalam hati maupun dengan dilafalkan secara lisan.

Niat puasa Ramadhan dapat dilakukan pada malam hari mulai ba’da maghrib sampai terbit fajar.

Hukum dari niat sendiri ialah wajib, sama dengan hukum menjalankan puasa Ramadhan.

Hal ini dikarenakan puasa Ramadhan termasuk ke dalam rukun Islam ke empat. Allah SWT menjelaskan kewajiban puasa Ramadan dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (183)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x