Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri atau Berjamaah, Lebih Afdol 11 atau 23 Rakaat?

- 2 April 2022, 17:32 WIB
Ilustrasi sholat - Bacaan niat dan tata cara sholat tarawih sendiri (munfarid) atau berjamaah, lebih afdol 11 atau 23 rakaat?
Ilustrasi sholat - Bacaan niat dan tata cara sholat tarawih sendiri (munfarid) atau berjamaah, lebih afdol 11 atau 23 rakaat? /- Foto: Seputartangsel.com/ Abdullah Jundi

BERITA DIY - Berikut bacaan niat dan tata cara sholat tarawih sendiri atau berjamaah, lebih afdol 11 atau 23 rakaat? Simak info selengkapnya.

Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah di bulan Ramadhan yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Seperti ibadah sholat wajib, dalam sholat tarawih juga diawali dengan niat dan wajib dilaksanakan dengan tata cara yang benar. Selain itu, pelaksanaannya juga bisa dilakukan sendiri (munfarid) atau berjamaah baik di masjid ataupun di rumah.

Baca Juga: Teks Bacaan Bilal Sholat Tarawih 23 Rakaat Lengkap dengan Witir dan Jawaban Jamaah Dalam Bahasa Arab dan Latin

Mengenai jumlah rakaat, terjadi perbedaan pendapat di beberapa ulama. Namun, Ustadz Abdul Somad menjelaskan mana yang lebih afdol, 11 rakaat atau 23 rakaat.

"Kata Aisyah, Nabi tidak pernah menambah di bulan Ramadhan ataupun di luar Ramadhan tak pernah lebih dari 11 rakaat," ucap Ustadz Abdul Somad di kanal YouTube Ustadz Menjawab dalam video yang diunggah 16 Mei 2018, berjudul "Shalat Taraweh 11 atau 23 Raka'at?"

Namun, munculnya sholat tarawih 20 rakaat ditambah witir 3 rakaat adalah ketika zamannya khalifah Umar bin Khatab, Ustman bin Afan dan Ali bin Abi Thalib.

Ustadz Abdul Somad dalam kesimpulannya menyampaikan pendapat Syekh Abdul Aziz Ibnu Baz terkait sholat tarawih yang paling afdol adalah bagi makmum, dia ikut dengan imamnya, sampai imamnya selesai.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri, Niat Witir, Doa Kamilin Arab dan Latin di Bulan Ramadhan

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x