Kenali Apa itu Hipersomnia Lengkap Ciri-ciri, Apa Mudah Mengantuk di Siang Hari Masuk Gejala?

- 2 April 2022, 09:45 WIB
 Ilustrasi - Penjelasan mengenai hipersomnia serta ciri-cirinya pada seseorang, ketika orang tersebut merasakan kantuk yang berat pada siang hari.
Ilustrasi - Penjelasan mengenai hipersomnia serta ciri-cirinya pada seseorang, ketika orang tersebut merasakan kantuk yang berat pada siang hari. /PIXABAY/5477687

BERITA DIY - Ketika seseorang merasakan kantuk yang berat di siang hari walaupun sudah istirahat yang cukup, kemungkinan orang tersebut mengidap hipersomnia apabila memiliki ciri-ciri berikut serta penjelasannya.

Hipersomnia merupakan gangguan pola tidur yang merupakan kebalikan dari insomnia, ketika seseorang mengalami hipersomnia maka orang tersebut akan merasakan rasa kantuk yang berat meskipun sudah tidur dengan waktu yang cukup.

Dilansir dari healthline.com pada unggahan healthline.com/health/hypersomnia, hipersomnia memiliki nama lain excessive daytime sleepiness (EDS) yang artinya rasa kantuk yang berlebih pada siang hari.

Baca Juga: Apa Itu Saham? Pengertian, Cara, dan Hal Penting yang Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi Pasar Modal

Penyebab terjadinya hipersomnia bisa dibagi menjadi dua, yaitu hipersomnia karena kelelahan atau hipersomnia karena kondisi medis.

Hipersomnia yang terjadi karena kelelahan berlebih pada tubuh ketika sedang melakukan suatu kegiatan tanpa istirahat yang cukup, sedangkan hipersomnia yang disebabkan kondisi medis merupakan efek samping obat atau penyakit yang sedang diderita.

Hipersomnia berbeda dengan gangguan saraf narkolepsi, karena hipersomnia tidak akan terjadi secara tiba-tiba dan penderitanya bisa tetap terbangun walau akan merasakan kantuk yang berat dan kelelahan.

Baca Juga: Apa Itu Percobaan Sachs? Berikut Tujuan, Langkah-langkah, dan Kesimpulan Percobaan Terkait Fotosintesis

Orang yang sedang mengalami hipersomnia, akan merasakan ciri-ciri berikut ini:

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x