Apa Itu Saham? Pengertian, Cara, dan Hal Penting yang Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi Pasar Modal

- 1 April 2022, 20:23 WIB
Ilustrasi Investasi, pengertian apa itu saham, cara, dan hal yang harus diperhatikan sebelum investasi pasar modal.
Ilustrasi Investasi, pengertian apa itu saham, cara, dan hal yang harus diperhatikan sebelum investasi pasar modal. /Pixabay/Tumisu

BERITA DIY - Apa yang dimaksud dengan saham? Bagaimana cara melakukan investasi saham? Simak penjelasan pengertian, cara dan hal yang harus diperhatikan sebelum investasi saham atau investasi pasar modal dalam artikel ini.

Investasi terdiri dari berbagai jenis dan salah satun yang cukup diminati oleh kaula muda adalah jenis investasi saham. Investasi saham cukup menjanjikan untuk mendapat keuntungan yang besar.

Dengan pengetahuan dan kemampuan bermain dalam dunia pasar modal yang baik, bahkan penanam saham bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang terbilang singkat.

Baca Juga: Apa Itu Prive dalam Dunia Bisnis Sebagai Hak Pemilik Modal? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya

Pengertian saham sendiri adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan yang berbentuk surat-surat berharga yang berisi hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Secara singkatnya saham adalah surat-surat berharga yang didalamnya terdapat hak keuntungan dari hasil sebuah perusahaan. Surat berharga tersebut dapat diperjual belikan dengan harga sesuai dengan pasar saat itu.

Investasi saham atau investasi pasar modal ini memerlukan beberapa pengetahuan sebelum memulai dan berkecimpung didalmnya. Tentu sebelum memulai investasi saham, pembaca harus memiliki modal untuk membeli saham sebuah perusahaan.

Baca Juga: Minat Memulai Bisnis Indomaret? Ini Modal Usaha, Syarat, dan Tahap yang Harus Dilakukan

Sebelum memulai pembelian saham, calon investor harus mengetahui harga saham yang ada di pasar modal. Tentunya prospek perusahaan harus dipertimbangkan agar mendapat keuntungan yang menjanjikan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x