Jadwal Awal Puasa 1 Ramadhan 1443 H atau 2022 dari Hasil Sidang Isbat Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

- 1 April 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - Inilah jadwal awal puasa 1 Ramadhan hasil sidang Isbat pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.
Ilustrasi - Inilah jadwal awal puasa 1 Ramadhan hasil sidang Isbat pemerintah, NU, dan Muhammadiyah. /PIXABAY/@Engin_Ekyurt"

BERITA DIY - Simak penjelasan lengkap mengenai jadwal awal puasa pada 1 Ramadhan 1443 H atay tahun 2022 berdasarkan pada keputusan sidang Isbat pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.

Terkait dengan kapan sebenarnya jadwal atau tanggal awal puasa pada 1 Ramadhan 1443 H atau 2022 ini sendiri sebelumnya salah satu organisasi keagamaan yaitu Muhammadiyah telah melakukan penetapan.

Penetapan yang dilakukan oleh Muhammadiyah tersebut berdasarkan pada maklumat yang dikeluarkan beberapa waktu lalu dan menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1443 H akan bertepatan dengan tanggal 2 April 2022.

Baca Juga: Awal 1 Ramadhan 2022 Nahdlatul Ulama NU, Muhammadiyah, Pemerintah Menurut Sidang Isbat Puasa Bisa Cek Link Ini

Sedangkan organisasi keagamaan yang lain yaitu Nahdhatul Ulama atau NU hingga sampai saat ini belum menetapkan kapan awal puasa 1 Ramadhan 1443 H, pihaknya menyatakan akan mengikuti keputusan dari pemerintah.

Sejalan dengan itu, pemerintah nantinya akan memastikan tanggal atau jadwal awal puasa pada 1 Ramadhan 1443 H atau 2022 berdasarkan pada sidang Isbat yang nantinya akan dilaksanakan.

Dengan hasil sidang Isbat yang nantinya akan didapatkan maka akan menentukan kapan jadwal atau tanggal untuk memulai puasa pada 1 Ramadhan 1443 Hijriyah kali ini, dan akan tertuang dalam keputusan Kemenag atau pemerintah.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat 1 Ramadhan 1443 Hijriyah Tahun 2022 Bisa Dilihat di Sini: Kapan Mulai Puasa dan Tarawih?

Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya proses pelaksanaan sidang Isbat sendiri nantinya direncanakan akan berlangsung pada Jumat 1 April 2022 dan akan memulai berbagai tahapan pada pukul 17.00 WIB.

Dalam sidang Isbat yang akan dilaksanakan oleh pemerintah atau Kemenag tersebut nantinya akan menghadirkan beberapa undangan seperti negara-negara sahabat, tim yang telah dibentuk, dan juga perwakilan dari LAPAN dan BMKG.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x